Ketahui Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Osteoporosis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tubuh tidak memproduksi kalsium. Cara utama memperoleh manfaat kalsium adalah memperbanyak mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium, seperti susu dan produk olahannya, ikan teri, ikan kembung, ikan sarden, kangkung, bayam, dan brokoli.

Penyerapan kalsium sendiri dibantu vitamin D. Karenanya penting juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan mendapatkan paparan sinar matahari.

Ada banyak manfaat kalsium bagi tubuh, mulai dari mencegah osteoporosis hingga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Melansir lama Alodokter, berikut ini pejelasan manfaat kalsium untuk tubuh.

Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Sekitar 99% kalsium disimpan di tulang dan gigi, sedangkan 1% sisanya ditemukan pada darah, otot, dan jaringan yang lain. Saat tubuh kekurangan kalsium, tulang akan melepaskan kalsium untuk diproses dan diedarkan ke seluruh tubuh. Ketika tubuh mendapatkan kalsium kembali, kalsium yang sempat hilang di tulang akan digantikan.

Namun, saat tubuh kekurangan kalsium, proses pelepasan kalsium dari tulang akan terus-menerus terjadi yang akan berakibat pada makin menurunnya kepadatan tulang dan gigi.

Mencegah osteoporosis

Saat kepadatan tulang berkurang akibat kurangnya konsumsi makanan tinggi kalsium, pengaruh obat-obatan, hingga perubahan hormonal, misalnya saat wanita sudah mencapai usia menopause, maka bisa terjadi osteoporosis.

Osteoporosis menyebabkan tulang keropos, rapuh, dan mudah patah. Nah, guna mecegah osteoporosis, disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium, mencukupi kebutuhan vitamin D, olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur, batasi konsumsi alkohol, dan jangan merokok.

Menunjang tumbuh kembang anak

Salah satu kelainan pertumbuhan tulang anak yang disebabkan oleh kekurangan kalsium adalah penyakit rakitis. Penyakit rakitis bisa menyebabkan kaki bengkok, skoliosis, tubuh yang tampak pendek, hingga mudah patah tulang.

Selain itu, komplikasi lain dari penyakit rakitis adalah kejamg. Kondisi-kondisi akibat rakitis ini tidak hanya memengaruhi pertumbuhan anak, tetapi juga menyebabkan gangguan gerak atau motoriknya, hingga kemampuan belajarnya.

Kekurangan kalsium pada penyakit rakitis berkaitan erat dengan tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin D yang kemudian mengganggu penyerapan kalsiu

Meringankan gejala PMS

Manfaat kalsium lainnya adalah meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti kram perut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kadar kalsium di tubuh bisa meningkatkan kontraksi otot rahim sehingga menyebabkan nyeri perut terasa lebih berat.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Mencukupi asupan kalsium setiap hari juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sebab, kalsium di dalam tubuh berperan dalam membantu kerja otot pembuluh darah untuk mengendur dan mengencang saat dibutuhkan. Artinya, manfaat kalsium berikutnya untuk menjaga pembuluh darah berfungsi secara normal.

Cegah preeklampsia

Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kelebihan protein dalam urine. Hal ini akan menimbulkan sejumlah keluhan, mulai dari sakit kepala berat, penglihatan kabur, kaki dan tungkai yang bengkak, serta nyeri ulu hati.

Jika dibiarkan, kondisi menyebabkan kelahiran prematur, pertumbuhan janin terhambat, hingga kejang saat kehamilan dan persalinan (ekslampsia).

Mencegah terjadinya aritma

Kalsium adalah jenis mineral yang berperan dalam keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Keseimbangan elektrolit sangat penting bagi otot jantung agar bisa berkontraksi dan beristirahat pada waktu yang tepat.

Jika tubuh kekurangan elektrolit, penghantaran sinyal listrik yang diperlukan untuk mengatur denyut jantung juga terganggu. Akibatnya, detak jantung jadi tidak teratur (aritma).

Populer video

Berita lainnya