Tips Menghadapi Teman yang Egois

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Teman
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda tidak dapat langsung menilai seseorang egois atau tidak. Sebab, mereka dapat bersikap ramah dan baik hati ketika bertemu dengan orang baru. Anda justru baru bisa mengetahui seseorang egois atau tidak setelah menjalin hubungan yang dekat atau bersahabat dengannya.

Faktanya, menghadapi teman yang egois mungkin akan terasa melelahkan. Namun, jangan terlalu diambil pusing. Melansir laman sehatQ, coba ikuti beberapa cara menghadapi teman egois berikut ini

Jangan diambil hati

Tidak semua hal egois yang ia lakukan harus Anda pikirkan. Karena, ketika sering memusingkan perbuatannya, Anda justru jadi lebih mudah dimanipulasi. Sebaiknya tetapkan batasan. Teman yang egois bisa melakukan apa yang mereka inginkan, tetapi hal ini tidak harus memengaruhi kehidupan Anda.

Tetapkan batasan yang sehat

Menetapkan batasan yang sehat akan memudahkan Anda untuk mengomunikasikan semua keinginan Anda saat berinteraksi dengan teman yang egois. Apabila pertemanan Anda dengan ia terus-menerus membuat stres dan menguras tenaga, sebaiknya Anda menarik diri. Namun, usahakan tetap tidak membuat teman Anda sakit hati atau merasa dijauhi, ya.

Batasi interaksi dengan hal positif

Anda bisa meluangkan waktu dan ruang untuk kegiatan positif bersama teman yang egois. Di sisi lain, Anda perlu membatasi seberapa sering bertemu dengan teman yang hanya mementingkan diri sendiri. Cara ini membantu Anda tetap sehat berteman dengan seseorang yang egois.

Cobalah mengerti alasan di balik sikap egois tersebut

Cobalah mengerti alasan di balik sikap egois teman Anda terlebih dahulu. Tentu saja, mengerti bukan berarti Anda menerima ketika teman Anda bersikap di luar batas. Hanya saja, dengan mengerti alasan di balik sikap tersebut, Anda dapat merespons dengan cara yang tepat dan bijak.

Jangan mencoba mengubah teman Anda

Teman yang egois bisa berubah kapan pun mereka mau. Meski Anda mengungkapkan perasaan terhadap orang yang egois, Anda tidak bisa berharap mereka akan berubah menjadi orang lain yang lebih peduli.

Populer video

Berita lainnya