Ini Risiko yang Dialami Jika Jerawat Tidak Ditangani Tuntas

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jerawat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya jerawat. Mulai dari produksi minyak berlebih, perubahan hormon, produk kosmetik yang tidak cocok, hingga kebersihan yang buruk. Bahkan hal yang disebutkan juga bisa menyebabkan munculnya komedo.

Tidak selalu di wajah, jerawat juga bisa muncul di leher, dada, punggung, bahkan lengan di bagian atas. Jika tidak ditangani sampai tuntas, beragam komplikasi akibat jerawat bisa terjadi. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa hal yang dapat anda alami jika jerawat tidak ditangani hingga tuntas.

Munculnya Bekas jerawat

Bekas jerawat adalah salah satu komplikasi yang cukup sering terjadi jika jerawat tidak diobati dengan benar. Jerawat yang tidak diobati dengan benar bisa menyebabkan jaringan parut atau bekas luka, seperti bopeng (acne scar) di wajah.

Menurut American Academy of Dermatology, jika terlambat mengobati atau tidak peduli sama sekali, jerawat akan meninggalkan bekas, seperti noda hitam ataupun bopeng. Hal ini dikarenakan kulit memiliki sistem khusus untuk membersihkan jerawat dari wajah. Untuk memperbaiki kerusakan jaringan karena peradangan jerawat, kulit akan memproduksi kolagen.

Produksi kolagen yang berlebihan atau kurang dapat menyebabkan bekas jerawat. Terlalu banyaknya kolagen dapat membuat bekas jerawat lebih merah seperti ingin meletus. Sementara terlalu sedikit kolagen dapat menyebabkan jerawat yang berbentuk bopeng.

Memperparah Peradangan

Jerawat yang diabaikan dan tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan peradangan semakin parah dan menyebar di permukaan kulit. Bakteri penyebab peradangan dapat menyebar dengan mudah di area sekitarnya. Oleh karenanya, obati jerawat Anda agar peradangan tidak semakin parah.

Mengubah Warna Kulit

Jerawat yang sudah mengempis akan meninggalkan noda lebih gelap (hiperpigmentasi) atau bahkan lebih terang (hipopigmentasi) dibanding area sekitarnya. Untuk mengatasi komplikasi jerawat ini, penggunaan krim siang dan krim malam akan membantu kulit beregenerasi dan mengembalikan warnanya.

Merasa Tidak Percaya Diri

Kulit dengan banyak bekas jerawat atau bopeng dapat menurunkan rasa percaya diri. Tak jarang penderita jerawat menjadi stres dan minder lantaran kondisi kulitnya. Bahkan tak menutup kemungkinan berujung depresi.

Itu sebabnya perlu menangani jerawat dengan benar hingga tuntas. Hindari memencet jerawat karena hanya akan memperparah peradangan. Pastikan juga anda membersihkan wajah setiap hari. Usap semua sisa make-up sebelum tidur untuk mencegah kemunculan kembali jerawat.

Populer video

Berita lainnya