Ini Manfaat Siwak untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbeda dengan sekarang yang sudah terdapat pasta gigi untuk memberssihkan mulut dan gigi, orang dulu justru menggunakan bahan alami. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah siwak. Bahkan, hingga kini siwak juga masih sering diandalkan.

Ranting siwak tidak hanya berfungsi sebagai pembersih tetapi juga sebagai sikat gigi yang efektif. Siwak memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri, anti-virus, anti-plak, dan anti-kariogenik. Bahan alami ini juga memiliki efek analgesik, anti-oksidan dan anti-inflamasi. Melansir laman halodoc, berikut manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut.

Melawan Gigi Berlubang dan Kerusakan Gigi

Ekstrak siwak memiliki efek antibakteri sehingga berperan aktif melindungi gigi dari plak dan karang gigi. Bakteri dan karang gigi adalah penyebab dari gigi berlubang yang membuat gigi cepat rapuh dan rusak.

Melawan Kuman dan Bakteri Berbahaya

Siwak mengandung bahan-bahan bermanfaat seperti alkaloid yang memiliki efek antibakteri. Dengan begini, siwak bisa secara maksimal melawan kuman dan bakteri berbahaya di mulut.

Membersihkan dan Melindungi Gigi

Siwak mengandung silika yang merupakan penghilang noda alami. Membersihkan gigi dengan siwak dapat membantu membuat gigi bersih, memudarkan noda akibat nikotin dan kopi. Kandungan kalsium, klorida, dan fluorida pada siwak juga berperan aktif untuk memperkuat gigi.

Menghilangkan Bau Tak Sedap dan Menyegarkan Napas

Napas bau bisa disebabkan karena menurunnya produksi air liur. Tanin pada siwak berfungsi sebagai zat alami untuk merangsang produksi air liur premolar. Minyak atsiri pada siwak juga dapat memberikan rasa dan aroma yang lembut, merangsang produksi air liur, dan membuat napas lebih segar.

Memperkuat Gusi

Gusi adalah jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan membantu serta menjaga gigi tetap dalam kondisi prima. Dengan demikian, setiap kondisi yang memengaruhi gusi juga dapat berpengaruh pada gigi.

Populer video

Berita lainnya