Ketahui Pilihan Olahraga yang Baik untuk Penderita Mag

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saat sakit mag, biasanya Anda akan merasakan beberapa gejala seperti perut begah, nyeri, dan perih. Karenanya penting bagi Anda yang punya penyakit ini untuk memerhatikan pola makan dan gaya hidup, termasuk pilihan olahraga.

Penderita mag tidak bisa sembarangan berolahraga. Sebab, gerakan-gerakan yang salah justru bisa meningkatkan tekanan pada perut. Akibatnya, asam lambung bisa naik dan mencetuskan gejala mag. Melansir laman klikdokter, berikut beberapa pilihan olahraga untuk penderita asam lambung.

Jalan santai

Gerakan yang terlalu cepat bisa membuat otot menegang dan menyebabkan perut mendapat banyak tekanan. Karenanya, ketimbang olahraga lari, lebih baik Anda melakukan jalan santai. Dengan demikian, penyakit mag yang kamu alami bisa semakin dikendalikan.

Yoga

Latihan pernapasan dan peregangan badan seperti yoga baik untuk penderita mag. Dengan meregangkan otot di sekitar perut, tekanan di dalam lambung pun akan berkurang. Yoga juga bermanfaat mengatasi stres. Seperti diketahui, stres bisa memicu asam lambung.

Berenang

Ketika berenang, semua otot pada tubuh akan bekerja. Gerakan berenang akan menghindari tekanan pada perut, sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari. Namun perlu diingat, jangan langsung berenang setelah makan dengan perut yang penuh. Hal ini justru dapat meningkatkan risiko asam lambung. Disarankan untuk menunggu sekitar 1-2 jam setelah makan sebelum berenang.

Bersepeda

Bersepeda juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk asam lambung. Aktivitas bersepeda yang dimaksud adalah bersepeda dengan intensitas ringan-sedang. Namun, pastikan Anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman saat bersepeda. Gunakan juga celana yang nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada perut saat bersepeda.

Senam

Senam untuk asam lambung juga sebaiknya adalah senam yang berisi gerakan ringan. Jangan pilih senam dengan intensitas tinggi, karena akan meningkatkan risiko kambuhnya asam lambung. Nah, Anda bisa melakukan senam aerobik dengan gerakan ringan untuk mencegah timbulnya penyakit mag.

Populer video

Berita lainnya