Bebas Bau Badan Tanpa Deodoran? Bisa Kok!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meski tidak berbahaya, bau badan tak sedap bisa menganggu aktivitas dan menurunkan rasa percaya diri Anda. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa orang mengandalkan deodoran sebagai cara menghalau bau badan. Namun, ada pula yang enggan menggunakan deodoran karena khawatir efeknya bagi kesehatan. Nah, melansir laman klikdokter, berikut ini hal yang bisa dilakukan agar tidak bau badan tanpa memakai deodoran.

Mandi setiap hari

Mandi dapat meluruhkan keringat yang menempel, juga menyingkirkan bakteri di tubuh. Agar bau badan tak kunjung datang, pastikan untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh. Bersihkan pula bagian-bagian yang sering berkeringat, termasuk sela-sela tubuh. Hal bisa membantu mencegah munculnya bau badan tak sedap.

Gunakan sabun antibakteri

Sabun antibakteri dapat digunakan untuk mandi ataupun mencuci tangan dan kaki. Jenis sabun ini dapat membantu menyingkirkan bakteri yang mungkin menjadi penyebab bau badan tidak sedap.

Pilihlah sabun antibakteri dengan kandungan benzoil peroksida. Jenis sabun ini lebih efektif untuk menghilangkan bau badan. Hindari sabun berpewangi atau mengandung terlalu banyak busa, karena malah dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Keringkan tubuh dengan baik

Setelah mandi hingga bersih, pastikan mengeringkan tubuh menggunakan handuk sampai benar-benar kering. Kulit yang kering membuat bakteri sulit berkembang biak. Dengan demikian, risiko bau badan juga bisa diminimalkan.

Memilih pakaian yang menyerap keringat

Pilih pakaian dengan bahan yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Bahan seperti ini memungkinkan kulit Anda untuk bernapas, karena mampu menyerap keringat dengan baik. Dengan demikian, tubuh akan cenderung kering sehingga pertumbuhan bakteri berlebih penyebab bau badan bisa dihindari.

Kurangi makan makanan tertentu

Terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi keringat, salah satunya makanan pedas. Selain itu, makanan dengan aroma menyengat, seperti bawang merah dan putih juga bisa terbawa oleh keringat. Jadi, apabila dikonsumsi berlebihan, tubuh Anda pun bisa ikut berbau tidak sedap.

Cukur bulu ketiak

Banyaknya rambut pada ketiak dapat menjadi lingkungan yang bersahabat untuk pertumbuhan bakteri. Selain itu, rambut-rambut tersebut juga akan memperlambat proses penguapan keringat, sehingga bakteri dan bau badan terperangkap di ketiak Anda. Dengan mencukurnya, kondisi ketiak tidak akan mudah lembap. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari risiko bau badan tidak sedap.

Kelola stres dengan baik

Reaksi stres dapat membuat kelenjar keringat lebih aktif. Hal ini membuat tubuh Anda mudah lembap, sehingga pertumbuhan bakteri sulit dikendalikan. Alhasil, bau badan tak sedap tak bisa dihindari lagi. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik agar kelenjar keringat tidak terlalu aktif. Dengan begitu, produksi keringat juga tidak akan menjadi berlebihan.

Botox

Cairan botox yang disuntikkan ke dalam kelenjar keringat di ketiak dapat mengurangi produksi keringat dan menghilangkan bau badan. Cara ini bisa menjadi solusi terbaik untuk orang dengan produksi keringat berlebih atau hiperhidrosis.

Populer video

Berita lainnya