Bukan Hanya Mata, Vitamin A juga Bermanfaat untuk Kesehatan Gigi lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selama ini kalian mungkin mengenal vitamin A sebagai vitamin mata. Ternyata, vitamin ini juga punya khasiat untuk kesehatan rongga mulut. Lantas apa saja sih manfaat vitamin A untuk gigi dan mulut? Melansir laman klikdokter, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Vitamin A untuk Gigi

Vitamin A berperan dalam proses metabolisme tubuh, termasuk untuk tumbuh kembang. Hal ini juga berhubungan dengan pertumbuhan gigi dan mulut di masa kanak-kanak. Sementara pada balita, vitamin A akan memengaruhi proses tumbuhnya gigi. Bila kekurangan asupan vitamin ini, pertumbuhan gigi anak pun bisa terhambat. Terutama dalam penyusunan struktur email gigi.

Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Ditambah lagi kemampuannya dalam meningkatkan pertahanan tubuh. Sehingga, vitamin A mampu memicu penyembuhan luka dalam mulut.

Vitamin A juga akan merangsang pertumbuhan osteoklas, sehingga pertumbuhan tulang menjadi lebih baik. Protein juga akan dapat diserap oleh vitamin A yang kemudian akan diubah menjadi kalsium dan fosfor.

Sumber Vitamin A

Berbeda dengan vitamin C yang banyak bersumber dari buah-buahan, vitamin A lebih banyak bersumber dari sayur-sayuran. Secara umum, vitamin ini bisa diperoleh dari ikan, susu, buah yang berwarna merah dan kuning, serta sayur-sayuran yang berwarna hijau dan kuning.

Sayuran dengan kandungan vitamin yang bagus untuk gigi dan gusi di antaranya, wortel, brokoli, tomat, dan bayam. Di samping sayuran, vitamin A juga bisa didapatkan dari sumber hewani, seperti ikan salmon, hati sapi dan ikan trout.

Populer video

Berita lainnya