Posisi Tidur yang Nyaman untuk Mengurangi Nyeri Haid

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Ngiler
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menstruasi dapat menyebabkan rasa nyeri, berupa sensasi berdenyut dan kram pada perut bagian bawah. Tak pelak, kondisi ini seringkali menggangu kualitas tidur. Padahal, kurang tidur justru bisa menambah kepekaan terhadap rasa sakit. Melansir laman klikdokter, ada beberapa posisi tidur untuk meredakan nyeri haid yang bisa Anda coba.

Posisi Tidur Janin

Posisi ini dilakukan dengan tidur menyamping sambil meringkuk layaknya janin ketika berada di perut ibu. Ini menjadi cara untuk meredakan nyeri, karena respon alami tubuh saat nyeri adalah meringkukl. Manfaat ini bisa semakin optimal dengan menempatkan bantal di antara paha. Hal ini membantu menjaga kesejajaran panggul Anda, sehingga membantu meredakan nyeri.

Tidur Telentang

Tidur telentang dapat mengurangi nyeri akibat menstruasi. Agar hasilnya lebih maksimal, tempatkan bantal di bawah leher, guna mendukung tulang belakang Anda. Bila perlu, letakkan bantal di bawah lutut untuk mengurangi tekanan di punggung bawah. Dengan begitu, rasa nyeri di sekitar punggung hingga pinggang bisa berkurang.

Tidur Menyamping dengan Bantal

Jika Anda mengalami kram punggung akibat datang bulan, coba lakukan posisi tidur menyamping dengan bantuan bantal. Anda hanya perlu tidur menyamping dan menaruh bantal di bawah pinggul yang menopang kelengkungan serviks. Lalu, apit bantal di antara paha untuk mendukung kesejajaran panggul dan mengurangi nyeri haid.

Tidur Tengkurap dengan Bantal

Tidur tengkurap tidak disarankan selama menstruasi. Pasalnya, posisi ini dapat memperburuk rasa sakit di daerah lumbosakral yang terletak di area punggung bawah.

Jika Anda hanya bisa tertidur telungkup, coba letakkan bantal di bawah perut dan di atas tulang pinggul untuk meredakan ketidaknyamanan punggung bawah saat Anda bangun dari tidur. Posisi ini juga bisa membuat Anda merasa lebih nyaman, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

Tidur dengan Pose Yoga

Salah satu yang paling mudah dan bisa dilakukan di kasur adalah child’s pose. Posisi ini menawarkan manfaat yang banyak untuk meredakan nyeri haid, seperti meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan tubuh. Berikut cara melakukan child’s pose:

  • Duduklah dalam posisi bersimpuh
  • Posisikan bokong di atas tumit kaki
  • Condongkan tubuh ke kasur dan rentangkan tangan ke arah depan
  • Tempelkan dahi dan telapak tangan. Posisikan tubuh senyaman mungkin
  • Tarik napas dalam-dalam dan buang secara perlahan

Tidur dengan Kompres Hangat

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan botol yang diisi air hangat dan dilapisi dengan handuk. Lalu, tempatkan botol di area perut.

Air hangat membantu merelaksasi otot perut yang tegang akibat nyeri haid. Tidur dengan kompres hangat bisa dilakukan dalam posisi telentang maupun menyamping, sesuai dengan posisi tidur yang nyaman bagi Anda.

Populer video

Berita lainnya