Agar Tidak Berjamur, Ketanui Cara Tepat Menyimpan Sepatu di Lemari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menyimpan Sepatu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain dapat merusak penampilan, jamur yang terdapat pada sepatu juga berdampak pada kesehatan, salah satunya kaki menjadi bau. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk mengetahui cara menyimpan sepatu yang benar, agar terhindar dari permasalahan tersebut.

Sepatu sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur. Penyebab utama tumbuhnya jamur di sepatu adalah menyimpan sepatu di dalam lemari saat masih lembap atau basah. Bagian dalam sepatu yang lembap juga bisa disebabkan kkarena kaki yang berkeringat. Nah, melansir laman klikdokter, ketahui cara menyimpan sepatu agar tidak mudah berjamur yang dapat Anda lakukan di rumah.

Pastikan sepatu dalam keadaan kering sebelum disimpan

Menyimpan sepatu basah dalam lemari akan membuat spora menyebar dengan cepat. Jika Anda pulang usai kehujanan, hindari langsung menyimpan sepatu yang basah di lemari. Pastikan sepatu benar-benar kering sebelum menyimpannya. Cara terbaik mengeringkan sepatu adalah dengan menjemurnya di bawa sinar matahari. Cara ini tidak hanya mengeringkan sepatu, tapi juga menghilangkan segala jenis bau busuk di sepatu.

Hindari membungkus sepatu dalam kantong plastik

Kebanyakan orang berpikir bahwa memasukkan sepatu ke dalam kantong plastik akan melindunginya dari jamur. Fktanya kantong plastik justru akan memerangkap kelembapan yang dapat mendorong pertumbuhan jamur. Di samping itu, plastik akan membuat sirkulasi udara tidak bagus.

Jaga kebersihan lemari penyimpanan

Selalu bersihkan lemari penyimpanan setidaknya satu bulan sekali. Pastikan lemari bersih dan kering, bahkan dari tumpahan air. Keluarkan semua sepatu dan bersihkan semua kotoran yang menempel di dinding dan lantai lemari. Biarkan udara dalam lemari sepatu berganti sejenak. Caranya adalah dengan membuka pintu lemari setelah dibersihkan.

Pasang lampu hemat energi

Pertimbangkan untuk meletakkan lampu dan membiarkannya menyala di dalam lemari. Kehangatan dari bola lampu membantu menjaga atmosfer dalam lemari tetap kering. Itu sebabnya, memasang lampu hemat energi di dalam lemari sepatu bisa jadi pilihan tepat.

Hindari menyimpan sepatu kotor

Hindari meletakkan pakaian atau sepatu kotor di lemari. Pastikan semuanya bersih sebelum Anda menyimpannya. Jamur suka tempat yang kotor. Jika telah menempel pada sepatu, jamur akan menyebar dengan sangat cepat ke sepatu dan pakaian lainnya.

Cara sederhana mencegah pertumbuhan jamur di sepatu adalah membersihkannya sebelum disimpan di lemari. Bersihkan sepatu dengan lap dan sikat bersih untuk menghilangkan debu dan kotoran yang bisa menyebabkan jamur. Bersihkan secara berkala atau setiap kali Anda membersihkan lemari.

Periksa bau apek dalam lemari

Jangan abaikan bau apek di dalam lemari. Bau ini bisa disebabkan jamur. Cari dan temukan dari mana bau apek tersebut berasal. Bau tersebut bisa dari sepatu, dinding, atau lantai lemari. Setelah menemukan asal bau, segera bersihkan dengan penghilang jamur dan keringkan area tersebut.

Gunakan silica gel

Ketika membeli sepatu baru, biasanya Anda akan menemukan bungkusan kecil berisi bahan yang bisa menyerap air. Bungkusan kecil tersebut adalah silica gel yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan jamur. Silica gel dapat menyerap kelembapan dengan baik. Anda hanya perlu meletakkannya di dalam lemari dan menggantinya setiap 3—4 hari.

Tutup pintu lemari

Selalu tutup pintu lemari untuk menjaga kelembapannya. Cara ini akan menghalangi masuknya udara lembap dari luar ke dalam lemari.

Populer video

Berita lainnya