Begini Cara Mudah Melatih Diri untuk Berpikir Kritis

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berpikir kritis adalah proses menganalisis informasi untuk mendapatkan jawaban terbaik atas suatu pertanyaan atau masalah. Cara berpikir seperti ini bisa dilakukan berdasarkan pengalaman, penalaran, pengamatan, dan komunikasi dengan orang lain, sehingga Anda bisa membuat keputusan sesuai dengan informasi yang menghasilkan solusi positif.

Ternyata, berpikir kritis bisa dipelajari dan latih pada diri sendiri. Ini berarti, ada cara berpikir kritis yang bisa silakukan untuk mengasah kemampuan tersebut. Melansir laman halodoc, simak penjelasannya berikut ini.

Cek semua informasi dengan cermat

Selalu periksa informasi yang didapat, baik secar online ataupun data yang terkait pekerjaan. Jika perlu, tanyakan apakah informasi ini lengkap dan aktual, terdapat bukti untuk mendukung argumen, atau pertanyaan sejenis lainnya.

Selain itu, cari tahu dari mana informasi itu berasal. Apakah sumbernya dapat dipercaya? Apa motivasi mereka untuk menyajikan informasi ini? Mudahnya, selalu cek semua informasi dengan cermat.

Pertimbangkan lebih dari satu sudut pandang

Setiap orang memiliki pendapat dan motivasinya sendiri. Bahkan, orang yang sangat cerdas yang membuat argumen yang terdengar masuk akal memiliki pendapat dan bias pribadi yang membentuk pemikiran mereka. Jadi, ketika seseorang memberi informasi, pertimbangkan apakah ada sisi lain dari cerita tersebut.

Lebih sering mendengarkan

Cara berpikir kritis berikutnya adalah mendengar dengan baik apa yang orang lain katakan. Setelah itu, cobalah untuk membangun gambaran yang jelas tentang perspektif mereka. Empati adalah keterampilan yang sangat berguna dalam hal ini.

Berpartisipasi dalam latihan membangun tim

Ikut serta dalam latihan membangun tim juga menjadi cara lain yang bisa dilakukan untuk memiliki pikiran kritis. Sebab, Anda bisa mengutarakan pemikiran dan pendapat dalam forum.

Menemui mentor

Memiliki seorang mentor dapat membantu mengembangkan berbagai keterampilan dan berkolaborasi dalam solusi dan keputusan. Mereka dapat membantu lebih fokus saat menggunakan teknik berpikir kritis, atau mereka mungkin memiliki sumber daya untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Populer video

Berita lainnya