Cara Mudah Melatih Mental Agar Selalu Kuat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Seperti halnya tubuh, mental juga perlu mendapat stimulasi dan latihan. Dengan memiliki mental yang kuat, Anda akan bisa menghadapi rintangan yang lebih besar. Melansir laman halodoc, beriku cara mudah melatih mental agar selalu kuat.

Lakukan hal sulit setidaknya sekali setiap hari

Peningkatan tentu tidak bisa kamu dapatkan begitu saja. Tentunya, Anda harus memberikan tantangan pada diri sendiri sesuai dengan kemampuan dan batasan diri. Tak ada salahnya untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan sedikit keluar dari zona nyaman. Jika memang memungkinkan, Anda bisa mencobanya setiap hari dari hal yang sederhana.

Terapkan aturan 10 menit

Melatih mental sebenarnya bisa dilakukan dengan menerapkan aturan 10 menit? Sederhananya, aturan ini sangat berguna saat Anda tergoda untuk menunda melakukan aktivitas yang sebenarnya penting dan harus segera diselesaikan.

Ketika mengalaminya, Anda bisa berkata pada diri sendiri bahwa toleransi hanya berlangsung 10 menit. Apabila pikiran Anda masih bertentangan dengan tubuh setelah 10 menit berlalu, maka tidak apa untuk berhenti sejenak.

Namun sering kali daripada tidak pernah, saat memutuskan untuk bergerak setelah 10 menit, tugas menjadi lebih cepat selesai karena ternyata tidak sesusah yang kamu perkirakan.

Logika dan emosi yang harus seimbang

Selalu mengutamakan logika bisa membuat hidup monoton dan membosankan. Anda jadi tidak punya kesenangan, waktu senggang, bahkan tidak merasakan cinta. Meski begitu, kalau mengutamakan emosi dalam hidup, bisa jadi Anda akan mengisi waktu hanya untuk bersenang-senang.

Agar tetap seimbang, Anda harus menyelaraskan emosi dan logika, dan ini pun menjadi cara melatih mental. Artinya, sekecil apapun Anda mengambil keputusan dalam hidup, pastikan sudah menyeimbangkan logika dan emosi, sehingga tidak ada salah satu yang lebih dominan dari lainnya.

Lihat pikiran negatif dari sisi yang positif

Ketika kepala dipenuhi dengan pikiran negatif, cobalah untuk mengubah sudut pandang Anda ke arah positif. Misalnya, Amda selalu berpikir bahwa semua usaha yang dilakukan tidak pernah memberikan hasil. Alih-alih berpikir demikian, Anda bisa menggantinya dengan pikiran yang lebih positif, seperti kerja keras dan berlatih lebih keras lagi bisa membuat kamu lebih berpeluang untuk berhasil.

Populer video

Berita lainnya