Usir Karang Gigi dengan Baking Soda, Begini Caranya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sikat Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain untuk memasak, baking soda ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi. Ya, karang gigi tak hanya mengganggu penampilan. Jika dibiarkan, kondisi itu juga menyebabkan penyakit gusi seperti radang dan priodontitis.

Karang gigi atau tartar adalah kotoran yang umumnya mengeras dan mengerak pada bagian luar gigi, bahkan di dekat gusi. Munculnya karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak akibat pertumbuhan bakteri di gigi dan mulut.

So, perlunya rutin menjaga kebersihan gigi dengan rajin menyikat gigi, guna mencegah terbentuknya plak dan karang gigi. Nah, Anda bisa membersihkan karang gigi dengan memakai baking soda.

Beberapa studi menyatakan bahwa penggunaan baking soda sebagai campuran pasta gigi atau obat kumur efektif mengurangi bakteri dan plak gigi, serta menyeimbangkan kembali kadar pH mulut. Melansir laman alodokter, berikut ini cara membersihkan karang gigi dengan baking soda.

  • Campurkan 2 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga membentuk pasta.
  • Ambil pasta tersebut dengan sikat gigi dan gosokkan pada seluruh permukaan gigi selama sekitar 1–2 menit.
  • Setelah selesai, berkumurlah dengan air bersih untuk membersihkan sisa baking soda di dalam mulut.
  • Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan baking soda dengan cara mencampurkan 1 sendok teh baking soda pada pasta gigi, dan sikat gigi seperti biasa.

Agar lebih aman, Anda dianjurkan untuk membersihkan karang gigi dengan baking soda maksimal 2 kali seminggu. Ini karena penggunaan baking soda terlalu sering bisa membuat lapisan pelindung gigi (email gigi) menipis, dan membuat gigi menjadi lebih rapuh.

Selain baking soda, Anda juga bisa membersihkan karang gigi dengan mengoleskan dan menggosok gel lidah buaya pada gigi, lalu membilasnya setelah dibiarkan selama 10 menit, atau coba berkumur dengan minyak kelapa sekitar 15−20 menit (oil pulling).

Penting diingat pula bahwa cara membersihkan karang gigi dengan baking soda tidak dapat menjamin gigi Anda bersih dari karang gigi.

Populer video

Berita lainnya