Ketahui Pilihan Makanan Sehat untuk Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Makanan Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Demi mendapatkan kulit yang mulus dan bersinar, tidak cukup dengan hanya melakukan perawatan dari luar. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang sehat agar kesehatan kulit lebih terjaga.

Pasalnya, kulit juga membutuhkan nutrisi guna mendukung memiliki kulit yang sehat, kencang, lembut dan bercahaya. Lantas makanan apa saja yang dapat mendukung kesehatan kulit? Melansir laman Alodokter, simak penjelasan berikut ini.

Strawberry

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah strawberry mampu menjaga jaringan ikat di bawah kulit, sehingga kulit tetap kencang dan sehat. Kandungan lainnya seperti folat (vitamin B), serat dan pythochemical mampu membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Teh hijau

Senyawa katekin pada teh hijau mampu bekerja dalam meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat memperbaiki kelembapan dan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Dalam teh hijau juga terkandung antioksidan yang baik untuk mencegah dan membantu memperbaiki kulit rusak, merah, dan kering akibat paparan radikal bebas dari paparan sinar matahari berlebih, debu, dan polusi.

Bayam

Bayam mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan kulit, mulai dari vitamin A, vitamin E, antioksidan, hingga omega 3. Nah, kandungan vitamin A dalam bayam mampu melembapkan kulit. Sementara vitamin E pada bayam berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari.

Begitu pula dengan kandungan antioksidannya, berfungsi untuk memperlambat dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Adapun kandungan omega 3 di bayam membuat kulit tetap kencang, karena mampu membantu menjaga pembentukan kolagen pada kulit.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya dapat membantu kulit menjadi lebih halus dan bercahaya. Hal ini karena minyak zaitun bersifat antiradang dan mengandung antioksidan.

Jika kulit berjerawat, Anda bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung minyak zaitun. Kandungan minyak zaitun yang terdapat pada sabun pembersih mampu melawan bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat yang muncul dapat berkurang.

Labu

Buah ini mengandung vitamin yang bersifat antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang dapat menghambat dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Labu juga mengandung enzim dan karotenoid yang dapat melembapkan dan mencegah kerutan di kulit serta mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum di kulit.

Populer video

Berita lainnya