Ketahui Manfaat Bermain Biola untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithhink.com – Biola merupakan jenis instrumen musik memiliki nama lain ravanastron, dengan satu senar berukuran 22 inci yang membentang tiga oktaf. Namun tahukah Anda, memainkan alat musik termasuk biola, dapat memperkuat ingatan dengan mengoptimalkan kerja kedua sisi otak? Melansir laman halodoc, berikut manfaat bermain biola untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan daya ingat dan kapasitas mental

Belajar bermain biola dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kapasitas mental dalam beberapa cara. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mengikuti pelajaran biola memiliki memori kerja yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak memainkan alat musik sama sekali.

Selain itu, mereka juga memiliki rentang perhatian yang lebih baik dan lebih mampu memproses informasi dengan cepat. Studi lain menunjukkan hasil yang serupa pada orang dewasa yang belajar alat musik ini.

Mendukung kreativitas

Kreativitas menjadi bagian penting dari fungsi kognitif. Fungsi ini membantu mengembangkan keterampilan berpikir seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan konsentrasi.

Memainkan alat musik meningkatkan kreativitas dan memungkinkan melatih keterampilan berpikir kritis tersebut. Tak hanya itu, hal ini juga berdampak pada bagaimana otak bekerja saat kamu berlatih.

Meningkatkan koneksi sosial

Bermain biola dapat membantu mendorong keterhubungan sosial. Alat musik ini memberikan kamu kesempatan untuk terhubung dengan orang lain, bahkan jika kamu mengambil kursus online.

Memperbaiki postur tubuh

Saat memegang biola, Anda harus melibatkan inti tubuh supaya bisa melakukannya dengan baik dan benar. Tentunya hal itu memerlukan postur tubuh yang baik.

Ketika melatih postur tubuh saat bermain biola, Anda akan melihat bahwa ada bagian tubuh yang menjadi lebih baik. Postur yang baik dapat membantu Anda menyeimbangkan dan membantu menjaga kesehatan punggung.

Berlatih Biola membantu melatih ketangkasan

Bermain biola menantang ketangkasan. Menggunakan satu tangan, Anda harus menekan papan jari untuk membuat not. Sementara itu, dengan tangan yang lain, Anda harus membungkuk tepat pada bagian atas senar yang berbeda dengan kecepatan yang berbeda pula. Aktivitas ini memberikan tantangan tersendiri, dan secara tidak langsung memberikan kesempatan lain untuk melatih otak.

Populer video

Berita lainnya