5 Tips Kuliah di Luar Negeri

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Kuliah di Jerman (Foto: Gushcloud Indonesia)

Celebrithink.com – Mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri mungkin menjadi impian bagi banyak orang. Meski terkesan indah, tak semudah yang dibayangkan menjalankannya. Begitu juga yang dialami Xaviera Putri, exclusive talent Gushcloud, yang berkesempatan mencicipi studi di Jerman.

Saat ini Xaviera tengah mengikuti program student exchange selama satu semester. Meski sudah terbiasa plesiran ke luar negeri, Xaviera merasakan beragam pengalaman baru saat berada di Jerman.

Sebagai anak rantau, cermat dan mandiri dalam mengatur segala hal menjadi sesuatu yang diperlukan. Xaviera pun tak segan berbagi tips bagi Anda yang berencana kuliah di luar negeri. Dikutip dari siaran tertulis Gushcloud Indonesia, simak penjelasannya.

Xaviera Putri, exclusive talent Gushcloud (Foto: Gushcloud Indonesia)

Aktif berkenalan cari teman

Aktif mencari teman atau kenalan di negara baru membantu proses adaptasi dengan lingkungan menjadi lebih mudah. Anda bisa mencari tau perkumpulan mahasiswa Indonesia, atau berkenalan dengan mahasiswa mancanegara di fakultasmu.

“Jadi bisa nanya-nanya banyak hal. Kalau kalian nggak punya kenalan, kalian bisa banget daftar buddy program. Itu bisa bantuin banyak hal seperti mengurus dokumen,” ujar Xaviera.

Periksa keuntungan dari Student club benefit

Banyak keuntungan yang didapat dari ‘Student Club Benefit’. Seperti tambahan bagasi, diskon pesawat terbang dan mengganti jafwal keberangkatan.

Belanja sesuai kebutuhan

Disarankan untuk tidak berlebihan dalam berbelanja, dan fokus pada barang yang benar-benar dibutuhkan. “Karena aku di Jerman cuma 1 semester, jadi aku nggak mau belanja berlebihan. Cukup beli yang perlu aja, daripada nggak kepakai,” kata Xaviera.

Masak sendiri dan buat bekal

Guna menghemat pengeluaran, Xaviera masak sendiri dan membuat bekal untuk sehari-hari. Bahkan melalui video yang diunggah di akun Youtube, Xaviera menunjukkan tempat belanja masakan halal. “Di Munich lebih mahal sari Korea, bisa keluar sekitar Rp100 ribu untuk sekali makan,” akunya.

Naik kendaraan umum

Xaviera biasa memanfaatkan kendaraan umum di Jerman. Tentu ini menjadi pilihan tepat dan efektif, untuk mobilitas setiap hari.

Populer video

Berita lainnya