Cerahkan Kulit Anda dengan Mengonsumsi Makan Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak cara untuk mendapatkan kulit cerah. Apalagi dewasa ini bermunculan beragam produk perawatan kulit, yang mengklaim dapat memenuhi keinginan Anda memiliki kulit cerah. Namun perlu dicatat, mempunyai kulit cerah tak melulu dengan cara memakai produk perawatan kecantikan yang mahal. Mencerahkan kulit juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan mengubah pola makan dan memilih bahan makanan tertentu.

Ada beberapa jenis makanan yang membuat kulit tampak lebih putih. Asupan tertentu kaya kandungan vitamin dan mineral, termasuk antioksidan yang baik untuk melawan kulit kering, serta mencegah peradangan dan tanda penuaan. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Tiram

Tiram bagus untuk kulit karena mengandung zink yang tinggi. Konsumsi tiga tiram setiap hari akan memenuhi kebutuhan zink (seng) harian Anda. Tiram juga memberi muatan protein signifikan yang juga baik untuk kulit.

Zink merupakan zat yang sangat berperan untuk kesehatan kulit secara umum dan pembentukan sel kulit baru. Selain itu, zink juga bermanfaat mencegah inflamasi (peradangan). Manfaat ini penting untuk meredakan kondisi-kondisi iritasi yang mungkin bisa terjadi di kulit.

Stroberi

Bersama jenis buah beri lainnya, stroberi sangat kaya akan vitamin C. Sementara vitamin C dapat menjaga kesehatan jaringan ikat di bawah kulit, sehingga tetap kencang, kuat, dan sehat. Selain itu, stroberi juga tinggi akan folat (vitamin B), serat, dan susunan fitokimia yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Jeruk

Buah manis asam ini kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan menjaga kulit tetap kencang. Tak ada salahnya untuk selalu sedia stok jeruk di kulkas agar Anda bisa menikmatinya setiap hari. Selain menyegarkan, manfaatnya sebagai makanan untuk mencerahkan kulit bisa diperoleh.

Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten. Prekursor vitamin A di dalam tubuh ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Wortel juga kaya akan potassium dan serat, serta rendah kalori dan hampir bebas lemak.

Ubi

Ubi kaya akan vitamin C yang sempurna untuk membantu kulit dalam kondisi baik. Beberapa jenis ubi yang berwarna jingga terang juga merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yakni salah satu vitamin penting untuk kecantikan kulit.

Alpukat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa alpukat baik untuk kulit. Apalagi banyak produk perawatan kulit yang menjadikan alpukat sebagai bahan dasar produknya. Alpukat kaya akan vitamin E, yaitu jenis antioksidan yang sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda.

Kiwi

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menjaga kulit dari serangan radikal bebas. Sementara kiwi merupakan buah yang memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk.

Tomat

Tomat termasuk sumber vitamin C terbaik dan mengandung salah satu jenis carotenoids, seperti likopen yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Kedelai

Kedelai kaya akan isoflavon, salah satu jenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, utamanya kulit wanita. Pada sebuah penelitian, wanita usia dewasa muda yang rutin mengonsumsi kedelai setiap hari selama 8-12 minggu diteliti mengalami penurunan keriput dan memperbaiki elastisitas kulit.

Manfaat kedelai untuk kulit juga terlihat pada wanita yang telah mengalami menopause. Kedelai berpotensi mengatasi kulit kering dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih sehat dan lembut.

Populer video

Berita lainnya