Tips Ampuh Hindari Makan Berlebih Saat Hari Raya Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Makan saat Lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Aneka hidangan yang menggoda saat Lebaran, bisa jadi godaan berat bagi Anda untuk tidak melahapnya. Walhasil, berat badan naik pun menjadi taruhannya. Namun tak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk menahan nafsu makan saat Hari Raya Idul Fitri, yang bisa membantu mencegah kenaikan berat badan Anda. Melansir laman klikdokter, berikut ini cara menghindari makan berlebih saat Lebaran, agar berat badan lebih terkontrol.

Ketahui makanan yang dapat memicu makan berlebih

Ada beberapa makanan tertentu yang mungkin Anda gemari. Apabila menyantap makanan-makanan tersebut dapat memicu Anda untuk mengonsumsinya berlebihan, maka pertimbangkan untuk tidak membeli stok yang banyak untuk hari raya.

Hindari melarang diri berlebihan

Ketika benar-benar menghilangkan opsi segala makanan favorit, biasanya Anda ingin “balas dendam” ketika bisa menyantapnya kembali. Untuk itu, konsumsilah makanan yang sehat dahulu. Kemudian, perbolehkan diri untuk tetap menyantap makanan lezat favorit namun dalam jumlah yang terkontrol.

Pilih makanan tinggi serat

Jangan lupakan kacang-kacangan, sayur, dan buah dalam pola makan saat Lebaran. Dengan demikian, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan dapat mengurangi keinginan makan berlebihan.

Porsi makan sewajarnya

Anda boleh mengonsumsi apa saja yang diinginkan. Namun, makanlah dalam porsi kecil tetapi beberapa kali saja. Cara tersebut lebih baik agar lambung tidak mudah perih karena kaget akan volume makanan yang langsung masuk banyak.

Perbanyak konsumsi protein

Pilihlah lauk dengan kandungan tinggi protein, misalnya dada ayam di dalam opor, atau daging rendang minim lemak. Kemudian, konsumsi lauk tersebut dengan karbohidrat yang minim. Jadi, Anda akan kenyang dengan protein yang dikonsumsi dan dapat mengurangi nafsu makan yang akan memicu makan berlebihan.

Rencanakan apa yang ingin dimakan

Ketika tidak merencanakan apa saja yang akan dikonsumsi, besar kemungkinan Anda akan ingin mencicipi segala hidangan dan makan berlebihan. Cara menghindari makan berlebihan yang bisa diterapkan adalah mengambil berbagai variasi makanan namun dalam porsi kecil untuk setiap jenisnya. Tapi ingat, tetap batasi jumlah keseluruhan makanan yang Anda konsumsi.

Ganti minuman bergula tTinggi dengan air putih

Di siang terik saat Idul Fitri, biasanya Anda akan tergoda untuk mengambil minuman dingin atau es buah dalam porsi berlebih. Nah, batasi asupan minuman manis dalam satu hari saat Lebaran. Contohnya, 1-2 gelas saja, sisanya minumlah air putih untuk mengganti cairan yang banyak hilang di bulan puasa.

Populer video

Berita lainnya