Waspada, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mabuk Perjalanan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Idul Fitri 2022 ini terbilang sangat spesial. Betapa tidak. Setelah dua tahun harus menahan diri untuk tidak bersilaturahmi secara langsung lantaran pandemi, kini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Namun perlu diingat, tetap harus mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan.

Selain COVID-19, ternyata ada berbagai masalah kesehatan saat mudik yang perlu diwaspadai. Terutama pada anak-anak dan bayi yang ikut mudik. Hal tersebut bisa terjadi akibat berbagai hal, seperti kemacetan. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa masalah kesehatan saat mudik yang perlu diwaspadai.

Mabuk perjalanan dan kelelahan

Perjalanan mudik seringkali membuat energi dalam tubuh terkuras dengan cepat. Hal tersebut dapat memicu kelelahan hingga pegal-pegal. Saat daya tahan tubuh menurun, Anda pun akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness.

Ketika berada di dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh berada dalam posisi diam di tempat. Namun mata dan telinga tetap melihat ke sekitar selama perjalanan. Hal itulah yang dinamakan motion sickness, yaitu kondisi saat penglihatan dan pendengaran bergerak, tapi tubuh tetap diam.

Mabuk perjalanan memiliki gejala pusing, mual, dan muntah selama perjalanan. Kondisi tersebut juga dapat dipicu oleh bercampurnya sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Diare

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Penyebabnya bisa karena asal membeli makanan saat di perjalanan. Sementara Anda tidak mengetahui kebersihan makanan tersebut. Selain itu, diare bisa semakin parah jika Anda tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hatilah saat membeli makanan atau minuman di tempat yang kurang terjaga kebersihannya.

Gangguan pencernaan

Orang yang sedang mudik seringkali mengalami diare atau sulit BAB. Sembelit juga bisa terjadi akibat terlalu lama duduk. Bahkan tidak jarang pemudik membatasi asupan makan atau minum supaya tidak bolak-balik ke toilet. Akibatnya, Anda akan mengalami sembelit dan mengeluhkan rasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Flu

Flu terjadi karena daya tahan tubuh cenderung menurun selama perjalanan mudik, sehingga rentan terserang virus. Selain itu, Anda mungkin berada disekitar orang lain yang sedang flu selama perjalanan, sehingga bisa tertular. Untuk mencegahnya, sebaiknya dapatkan vaksin flu atau booster vaksin COVID-19 sebelum berangkat. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi risiko penularan flu dari benda-benda di sekitar.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Situasi perjalanan saat mudik sangat ramai oleh kendaraan, debu, dan polusi bertebaran di mana-mana. Situasi ini rentan menyebabkan Anda mengalami infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) saat mudik. Terlebih jika Anda mudik dengan menggunakan sepeda motor, dengan kondisi daya tubuh yang menurun. Sehingga kelelahan yang dirasakan selama perjalanan akan membuat tubuh semakin rentan terkena masalah kesehatan.

Populer video

Berita lainnya