Merdi Sihombing Sukses Pukau Dunia Lewat Koleksi Terbarunya Ulos Sitolu Huta

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Celebrithink.com – Desainer Merdi Sihombing mengharumkan Indonesia di mata dunia, lewat koleksi terbarunya. Bersama desainer Tanah Air lainnya, ia menampilkan koleksi Ulos Sitolu Huta, dalam Global Indigenous Runaway 2023, yang digelar pada Sabtu 11 Maret lalu.

Melalui koleksi terbarunya, Merdi menampilkan inovasi yang menakjubkan dari sebuah proses tenun konvensional menjadi desain fesyen modern yang menggabungkan pola ulos tradisional yang unik dan pewarnaan alam dengan pemikiran gaya hidup kekinian.

“Ulos merupakan lambang keberkahan, kasih sayang, dan persatuan, sesuai dengan peribahasa Batak Ijuk pangihot ni hodong, Ulos pangihot ni holong, yang artinya jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batang, maka ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama,” kata Merdi Sihombing.

Hilmar Farid, Ph.D. selaku Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia mengatakan, pagelaran ini merupakan cerminan dari komitmen Merdi  dalam  berkarya yang berperspektif pada kebudayaan.

“Upayanya mengangkat tenun Ulos sebagai bagian dari percakapan busana kontemporer yang berkelanjutan telah terbukti dari rekam jejaknya yang panjang,” ujar Hilmar.

Sekadar informasi, Merdi dikenal sebagai desainer yang mengolah tekstil tradisional dan pewarnaan alami menjadi busana-busana dan kain-kain siap pakai. Hingga saat ini, Merdi terus menciptakan karya-karya yang terinspirasi dari dan dibuat bersama-sama dengan berbagai masyarakat adat di seluruh Indonesia.

Populer video

Berita lainnya