Selain Kopi, Ini Minuman yang Efektif Menghilangkan Rasa Ngantuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Kopi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sudah menjadi rahasia umum, kopi dipercaya bisa mengurir rasa kantuk berkat kandungan kafein di dalamnya. Kafein merupakan zat stimulan, yang bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat melalui sejumlah proses yang melibatkan neurotransmiter.

Sayangnya, kopi sering menimbulkan sejumlah efek samping. Beberapa di antaranya adalah peningkatan asam lambung, GERD, hingga perubahan warna pada gigi. Lantas, adakah alternatif lain bagi mereka yang ingin tetap terjaga tanpa harus mengandalkan kopi? Melansir laman klikdokter, yuk simak daftarnya.

Minuman cokelat

Dalam secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding kafein dalam kopi. Namun, kafein yang ada dalam minuman penahan kantuk ini tetap mampu membuat Anda lebih terjaga dan segar kembali.

Soft drink

Minuman jenis ini umumnya mengandung kafein sebanyak 20 hingga 40 miligram. Akan tetapi, Anda perlu waspada karena soft drink cenderung tinggi akan kandungan gula. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih jenis soft drink dengan kandungan gula yang sedikit (low sugar) atau tanpa gula.

Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dapat Anda konsumsi agar tidak ngantuk. Jenis teh ini mengandung 30 hingga 50 miligram kafein dalam satu cangkir. Selain efek kafein yang membuat lebih semangat, teh hijau juga dapat meningkatkan mood sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan senang.

Minuman berenergi

Dalam satu kemasan minuman berenergi, terdapat kafein sebanyak 50 hingga 160 miligram. Jumlah kafein yang cukup banyak ini membuat minuman berenergi sering dipilih oleh mereka yang harus kerja lembur. Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya terlalu sering. Sebab, terdapat beberapa kandungan di dalam minuman berenergi yang bisa berdampak buruk pada kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Susu cokelat

Susu cokelat juga termasuk sebagai minuman anti ngantuk. Meski mengandung kafein yang relatif sedikit, susu cokelat tetap dapat membantu Anda merasa lebih segar dan terjaga.

Milk tea

Milk tea alias teh susu bisa menjadi minuman penghilang ngantuk yang dapat Anda jadikan pilihan. Karena mengandung teh, jenis minuman ini juga memiliki kafein di dalamnya. Oleh karena itu, milk tea dapat membuat tubuh Anda segar dan lebih terjaga.

Lemon honey tea

Jenis minuman ini dapat mengusir rasa kantuk berkat kandungan kafein pada teh yang menjadi campurannya. Anda pun bisa merasakan manfaat kesegaran yang lebih, karena rasa lemon yang sedikit asam.

Minuman asam

Minuman yang memiliki rasa asam, seperti air dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, dapat membantu menghilangkan rasa kantuk yang Anda alami. Namun, jika Anda memiliki riwayat asam lambung yang mudah meningkat, sebaiknya perhatikan waktu konsumsinya. Lebih disarankan untuk dikonsumsi setelah makan agar tidak memicu peningkatan produksi asam lambung.

Populer video

Berita lainnya