Ini Kebiasaan yang Memicu Kulit Kepala Kering

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kulit Kepala Kering
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kulit kering bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, termasuk kulit kepala. Kondisi ini terjadi saat kulit kehilangan air terlalu cepat disertai kekurangan minyak untuk melumasi area tersebut. Biasanya, kulit kepala yang kering dapat menyebabkan perasaan gatal, kulit mengelupas, hingga iritasi.

Seseorang yang memiliki kulit kering juga lebih rentan mengalami kulit kepala kering. Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko seseorang alami masalah pada kulit di kepala ini. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit kepala kering.

Terlalu sering mencuci rambut

Kebiasaan ini jika dilakukan setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit kepala agar tetap terhidrasi. Jika terus-menerus dilakukan, Anda juga bisa membuat rambut kering hingga menjadi rapuh dan patah. Untuk tahu seberapa sering mencuci rambut, Anda perlu bertanya pada dokter kulit dengan melihat jenis rambut yang dimiliki.

Memakai produk rambut yang tidak cocok

Kulit kepala yang menjadi kemerahan, gatal, disertai dengan pengelupasan setelah dicuci bisa jadi disebabkan dermatitis karena kontak dengan suatu zat. Reaksi alergi ini terjadi saat menggunakan produk yang mengandung zat tertentu, sehingga kulit kepala menjadi kering dan berkembang menimbulkan masalah lainnya.

Kurang minum air putih

Tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, termasuk juga pada kulit kepala. Dengan mencukupi cairan di dalam tubuh, Anda bisa memastikan kulit tetap dapat mencukupi kebutuhan minyak agar tidak mudah kering.

Terlalu lama atau sering mandi

Terlalu sering mandi juga dapat menimbulkan dampak buruk pada perawatan kulit. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi mudah kering dan tentu saja dapat terjadi pada kulit kepala. Hal ini juga dapat terjadi saat Anda mandi terlalu lama. Maka dari itu, batasi intensitas dan waktu yang dihabiskan saat mandi.

Populer video

Berita lainnya