Beberapa Buah yang Dapat Membantu Mencegah Stretch Marks

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Stretch Marks
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Stretch mark merupakan lesi berbentuk garis yang dikenal dengan istilah striae. Garis ini muncul saat seseorang bertumbuh atau mengalami pertambahan berat badan, misalnya saat hamil. Stretch mark biasanya sering muncul pada payudara, pinggul, paha, dan dada.

Meski tidak dapat mencegah stretch mark sepenuhnya, tetapi ada cara untuk mengurangi risiko kemunculan garis tersebut. Salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa jenis buah yang membantu mencegah munculnya stretch mark.

Jeruk

Jeruk kaya akan air dan membantu mengisi ruang antar sel, sehingga meminimalkan munculnya stretch mark. Plus, vitamin C dalam buah satu ini juga membantu membuat kulit lebih elastis dan kandungan antioksidannya membantu menyembuhkan tubuh dari kerusakan.

Blueberry dan Goji Berry

Dua jenis buah ini memang sering dimanfaatkan sebagai campuran oat dan yoghurt. Bukan tanpa alasan, vitamin dan nutrisi lain yang terdapat dalam buah blueberry dan goji berry memiliki sifat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Faktanya, radikal bebas juga berperan atas munculnya stretch mark. Sekarang, keduanya banyak tersedia dalam bentuk suplemen, tetapi lebih baik mendapatkan nutrisi ini dari makanan untuk menjaga kesehatan kulit.

Mentimun

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu tubuh tetap terhidrasi. Dampaknya tentu saja meningkatkan elastisitas kulit dan pembentukan kolagen. Selain itu, memastikan asupan air tubuh tetap terpenuhi turut membantu membuang racun dan menjaga kesehatan kulit. Jadi, jangan heran kalau mentimun punya peran yang sangat hebat dalam menghilangkan kantung mata.

Alpukat

Memasukkan lemak sehat ke dalam makanan harian juga membantu memberikan elastisitas dan meningkatkan kesehatan kulit. Nah, alpukat adalah sumber vitamin E dan makanan dengan kandungan lemak sehat yang sangat baik dan membantu mencegah stretch mark.

Tomat

Kaya akan vitamin C, tomat dapat membantu pembentukan kolagen. Senyawa ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap kuat, sekaligus mempertahankan elastisitasnya, sehingga turut mengurangi kemungkinan munculnya tanda-tanda stretch mark. Selain itu, tomat juga kaya akan senyawa likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami.

Populer video

Berita lainnya