Cara Ampuh Mengatasi Kurang Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kurang Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kurang tidur yang disebabkan insomnia, dapat mengganggu produktivitas anda jika dibiarkan terus-menerus. Efek yang dirasakan pun bisa beraneka ragam. Mulai dari lamban saat berpikir, susah untuk berkonsentrasi dalam waktu lama, ingatan memburuk, tidak bisa mengambil keputusan yang tepat, tidak berenergi, perubahan suasana hati, hingga cenderung mudah marah dan stres.

Oleh karena itu, anda perlu mengatasi kondisi kurang tidur ini. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Memperbaiki kebiasaan sebelum tidur

Aktivitas yang dilakukan sebelum tidur sedikit banyak memberi pengaruh terhadap kualitas tidur. Bahkan, bisa jadi membuat anda tidak tidur semalaman. Maka dari itu perlu untuk memperbaiki kebiasaan sebelum tidur. Tujuannya, agar anda bisa lebih cepat tidur dan terlelap sepanjang malam. Sehingga anda juga tidak akan mudah terbangun tengah malam dan bisa kembali segar saat bangun keesokan paginya.

Anda bisa memperbaiki kebiasaan sebelum tidur dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mematikan gadget atau alat elektronik kurang lebih 30 menit sebelum tidur.
  • Memastikan suhu ruangan sudah nyaman untuk Anda tidur sepanjang malam.
  • Mematikan semua lampu tak terkecuali, tetapi Anda boleh saja menggunakan lampu tidur.
  • Melakukan teknik relaksasi seperti peregangan atau meditasi sebelum tidur.
  • Dengan melakukan kebiasaan-kebiasan tersebut, Anda bisa memperbaiki pola tidur dan mengatasi masalah kurang tidur yang mengganggu.

Mengganti waktu tidur yang hilang

Melakukan perubahan pada kebiasaan tidur belum cukup untuk membantu mengatasi kurang tidur. Anda juga perlu mengganti waktu tidur yang hilang selama tidak bisa tidur. Karenanya, setiap ada waktu luang upayakan untuk tidur meski hanya sebentar. Contohnya, saat akhir pekan, saat liburan, atau sekadar tidur siang di sela jam kerja juga dapat membantu Anda membayar hutang tidur.

perlu diingat, saat membayar hutang tidur, hindari tidur terlalu lama. Sebab, terlalu banyak tidur tak sesuai waktu tidur biasanya dapat mengubah jam biologis. Walhasil pada malam hari saat seharusnya tidur, anda malah tak merasa ngantuk sama sekali.

Memprioritaskan tidur

Kurang tidur juga bisa terjadi karena anda terlalu cuek dengan jam tidur. Artinya, saat sudah memasuki waktu tidur dan mulai mengantuk, anda masih sibuk melakukan aktivitas lain. Salah satu cara mengatasi kurang tidur adalah mulai memprioritaskan waktu beristirahat pada malam hari ini. Anda bisa memulainya dengan tidur setiap hari pada jam yang sama.

Olahraga secara rutin

Sebuah penelitian pada Sleep Medicine Reviews tahun 2015 lalu menyatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan waktu tidur pada malam hari. Setidaknya, berolahraga selama 150 menit setiap minggu. Ini artinya, anda bisa membagi waktu olahraga ini sebanyak 30 menit setiap hari selama lima hari dalam satu minggu.

Ubah suasana kamar tidur

Penataan kamar tidur bisa jadi memiliki pengaruh terhadap kualitas tidur anda. Cobalah untuk mengubah desain dalam kamar memiliki suasana yang menenangkan. Anda juga perlu memerhatikan kasur dan bantal karena kedua hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tidur. Semakin terasa nyaman, akan semakin nyenyak pula tidur Anda.

Hindari berbagai stimulan

Stimulan, seperti alkohol dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dapat mengganggu waktu tidur. Anda cenderung akan terjaga sepanjang malam jika mengonsumsinya menjelang tidur. Bahkan, minuman ini juga dapat memicu Anda mengalami insomnia. Oleh sebab itu, jika terus-menerus mengonsumsi minuman kafein tidak pada waktu yang tepat, anda bisa saja mengalami insomnia akut.

Mengonsumsi obat-obatan

Jika kondisinya sudah tergolong parah dan tidak bisa diatasi hanya dengan cara-cara tersebut di atas, periksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Populer video

Berita lainnya