Tips Memilih Kasur yang Baik untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Memilih Kasur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan. Sebab, jika kurang tubur, anda akan mengantuk, rentan cedera dan berisiko mengalami peningkatan penyakit kronis. Oleh karena itu, anda perlu menjaga kualitas tidur. Salah satu caranya dengan memperhatikan pilihan kasur tidur.

Perlu diingat, memilih kasur tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kasur yang tidak tepat bisa membuat badan nyeri saat bangun tidur. Pada akhirnya membuat anda susah tidur di malam hari dan kurang tidur keesokkan harinya. Agar tidak salah pilih, berikut ini langkah-langkah memilih kasur tidur yang baik untuk kesehatan seperti dilansir dari laman helloSEHAT.

Kenali dahulu berbagai jenis kasur

Ada banyak jenis kasur yang dapat dapat temukan di pasaran. Jenis kasur yang paling umum adalah spring bed, memory, dan lateks. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Spring bed sendiri merupakan jenis kasur yang paling banyak digunakan. Kasur ini memiliki pegas spiral dari baja yang kokoh dengan lapisan oleh busa tebal sebagai bantalannya, sehingga bisa memfasilitasi tulang punggung dengan lebih mantap.

Sementara memory bed dibuat dari bahan berkontur yang bisa mengikuti bentuk tubuh. Kasur memory bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan menghilangkan rasa sakit. Namun, kasur ini cenderung lebih panas ketimbang jenis kasur lain.

Adapun kasur lateks dibuat dari bahan alami alias sintesis. Kasur ini umumnya lebih kokoh, tapi tidak selembut kasur busa lainnya. Harga yang ditawarkan pun cenderung lebih mahal. Kasur jenis lateks ini menawarkan kenyamanan ekstra sehingga baik untuk anda yang memiliki sakit punggung.

Utamakan kenyamanan

Dalam memilih kasur tidur yang baik untuk kesehatan adalah memperhatikan kenyamannya. Ketika anda memilih kasur, penting untuk mencoba duduk atau tidur di atasnya. Michael Breus, PhD seorang pakar tidur justru menyarankan setiap orang yang ingin membeli kasur baru untuk mencoba berbaring di atas setiap kasur selama 10 sampai 15 menit dengan posisi tidur yang biasa mereka lakukan di rumah.

Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan anda merasa nyaman dengan cara mencoba kasur sebelum membelinya.

Pilih sesuai kebutuhan

Kriteria selanjutnya yang perlu diprioritaskan menyesuaikan dengan kebutuhan. Melansir situs Sleep Foundation, orang dengan masalah nyeri punggung bawah sebaiknya memilih kasur jenis medium soft atau medium firm. Kasur jenis ini tetap menjaga tulang belakang pada posisi yang normal sehingga keluhan sakit pada punggung bisa berkurang.

Berikut berbagai kriteria kasur sesuai dengan tingkat kelembutan, kebiasaan tidur, dan berat badan;

  • Extra soft dan soft biasanya cocok untuk orang yang posisi tidur menyamping dengan berat badan kurang dari 58 kg.
  • Medium soft dan medium biasanya cocok untuk orang yang tidurnya menyamping dan berat badanya sekitar 100 kg atau orang yang tidurnya telentang/tengkurap dan berat badannya kurang dari 100 kg.
  • Medium firm cocok untuk orang dengan segala posisi tidur dan berat badannya kurang dari 58 kg.
  • Firm lebih cocok untuk orang yang tidurnya menyamping dengan berat lebih dari 100 kg, atau orang yang tidur tengkurap/telentang dan berat badan setidaknya 58 kg.
  • Extra firm untuk orang yang tidur dengan berbagai macam posisi dan beratnya lebih dari 100 kg.

Sesuaikan dengan ukuran kamar tidur

Ukuran kasur juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Meskipun kasur dengan ukuran besar lebih nyaman, tapi hal itu akan menjadi sia-sia jika ternyata ukuran kamar anda tidak dapat menampungnya. Jadi, sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran kamar anda.

Perhatikan harga dan kualitas

Kasur yang paling baik untuk kesehatan tidak selalu yang paling mahal. Akan tetapi, bukan kasur yang termurah. Hal yang terpenting, jangan tertipu dengan harga penawaran penjual. Dalam kebanyakan kasus, kemungkinan rendahnya harga akan menurunkan tingkat kenyamanan kasur. Jadi, perhatikan dengan seksama dan teliti kembali kasur yang akan anda beli.

Populer video

Berita lainnya