Begini Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Main Gadget
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penggunaan media sosial sudah menjadi sebuah kebutuhan para milenial di era digital saat ini. Pasalnya, media sosial dipergunakan sebagai media komunikasi, sumber akses informasi hingga hiburan.

Namun perlu diingat, penggunaan media sosial terkadang dapat menimbulkan masalah. Alih-alih bermanfaat, hal ini malah berpotensi menyebabkan kecanduan media sosial yang justru dapat menurunkan kualitas hidup. Melansir laman halodoc, simak cara mengatasi kecanduan media sosial.

Hapus Aplikasi Media Sosial

Hapus segala aplikasi media sosial dari smartphone atau ponsel cerdas. Meskipun Anda masih dapat mengaksesnya dari komputer pribadi, menjauhkannya dari ponsel dapat membantu mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan di media sosial secara keseluruhan.

Sesuaikan Pengaturan

Cara pertama adalah dengan mematikan ponsel pribadi selama sekolah, bekerja, makan, atau ketika sedang rekreasi. Anda juga bisa mengaktifkan mode terbang atau flight mode agar tidak ada distraksi yang masuk.

Lalu cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan mengatur notifikasi atau pemberitahuan dari ponselmu. Misalnya dengan menonaktifkan notifikasi aplikasi media sosial yang kerap menyita waktu.

Nyalakan Timer

Anda dapat menyalakan timer pada perangkat smartphone. Tujuan utama dari cara ini adalah untuk membatasi durasi penggunaan media sosial setiap harinya.

Beraktivitas Tanpa Perangkat Elektronik

Cobalah menjalani aktivitasmu tanpa melibatkan penggunaan ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Lakukan hal ini dengan menjauhkan ponsel, tablet, dan komputer dari kamar tidur. Selain itu, pastikan untuk melakukan hobi yang tidak terkait dengan teknologi seperti olahraga.

Populer video

Berita lainnya