Ketahui Alasan Pasangan Menyembuyikan Masalahnya dari Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi hubungan pasangan yg buruk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komunikasi memang menjadi kunci sukses dalam sebuah hubungan. Namun nyatanya, tidak semua hal harus dikomunikasikan. Misalnya menghadapi masalah hidup. Terkadang kita merasa bisa mengatasinya tanpa harus mengandalkan orang lain, bahkan pasangan sendiri.

Hal ini yang terkadang menimbulkan gesekan dalam hubungan, karena tidak semua orang bisa memahaminya. Bagkan ada pasangan yang menganggap kalau menyembunyikan masalah itu berarti tidak menghargainya. Lantas apa alasan pasangan memilih menyembunyikan masalahnya?

Tidak ingin menambah beban

Mungkin ia merasa bahwa masalahnya itu masih bisa diatasi sendiri, sehingga bersikap seolah tidak ada apa-apa. Atau mungkin ia berpikir semua orang pasti memiliki masalah, termasuk Anda. Dia khawatir dengan melibatkan Anda dalam masalahnya justru akan menambah beban yang Anda.

Menghargai adanya privasi dalam hubungan

Hubungan apa pun itu, tetap membutuhkan ruang privasi. Justru, pasangan yang baik adalah pasangan yang bisa menjaga hal itu dan tetap berada pada batas yang sudah disetujui bersama. Jika pasangan mengambil sikap untuk tidak menceritakan masalahnya pada Anda, ada baiknya menghargai hal itu. Mungkin saja yang ia butuhkan hanya waktu.

Ingin melupakan masalah tersebut

Setiap orang pasti ingin masalah yang dihadapinya cepat berlalu. Tidak jarang orang yang frustasi dengan masalah tersebut memilih untuk melupakannya. Maka, ketika Anda mengetahui pasangan tidak menceritakan masalahnya, bisa jadi masalah tersebut sangat rumit sampai menimbulkan traumatis dalam dirinya.

Tidak ingin menjadi bumerang untuknya

Sebuah hubungan tidak bisa selalu baik-baik saja. Masalah besar bisa saja dihadapi ke depannya, sehingga mengharuskan berpisah. Kemungkinan-kemungkinan seperti ini yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa pasangan menyembunyikan masalahnya. Ia tidak ingin masalah yang dihadapi saat ini menjadi bumerang di kemudian hari, karena Anda mengungkitnya kembali.

Lebih suka bertindak daripada berbicara

Karakter setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang selalu membutuhkan orang lain di sampingnya, tapi ada juga yang tidak terbiasa mengungkapkan perasaan dan bercerita mengenai masalah hidupnya.

Bisa jadi pasangan Anda tipikal orang yang kedua. Ia mungkin tidak terbiasa menunjukkan emosinya dan lebih memilih untuk langsung bertindak mengatasinya daripada bercerita.

Punya trust issue dalam dirinya

Pengalaman buruk di masa lalu bisa jadi alasan pasangan menyembunyikan masalahnya dari Anda. Ia mungkin pernah menjadi orang yang terbuka akan masalahnya dengan orang yang ia sangat percayai, namun pada akhirnya orang itu berkhianat dan masalahnya tersebar. Alih-alih bebannya berkurang, ia mungkin takut kejadian yang sama terulang kembali.

Populer video

Berita lainnya