Dampak Buruk Sering Berbohong pada Pasangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi pasangan bertengkar
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbohong sering kali menimbulkan dampak buruk bagi Anda dan dengan orang-orang sekitar. Bukan hanya kehidupan pribadi dan karier, asmara pun bisa berantakan lantaran berbohong. Apalagi, kejujuran merupakan kunci utama dalam menjalin suatu hubungan. Melansir laman klikdokter, berikut ini dampak buruk berbohong pada pasangan.

Menghancurkan Hubungan

Dampak berbohong pada pasangan dapat merusak bahkan menghancurkan hubungan yang sedang dijalani. Sebab, kepercayaan merupakan dasar dari suatu hubungan. Ketika berbohong pada pasangan, hal yang paling terkena dampak adalah kepercayaan.

Sering berbohong akan semakin mengurangi rasa percaya dan kemudian berujung pada rusak atau hancurnya suatu hubungan.

Mengurangi Keintiman dengan Pasangan

Keintiman adalah kedekatan satu orang dengan lainnya dalam sebuah hubungan pribadi. Keintiman terbentuk seiring berjalannya waktu, yaitu ketika Anda terhubung dengan seseorang selama beberapa waktu.

Kemudian tumbuhlah rasa saling peduli hingga perasaan semakin nyaman dengan orang tersebut. Kebohongan yang sering muncul dalam suatu hubungan akan berdampak buruk bagi keintiman dengan pasangan.

Munculnya Trust Issues

Seseorang tidak terlahir dengan masalah kepercayaan atau trust issues. Orang dengan trust issues biasanya memiliki pengalaman dengan pasangan yang tidak dapat dipercaya. Apalagi, ketika rasa tidak percaya tersebut terjadi secara berulang.

Membuat Pasangan Merasa Bodoh

Menjadi korban kebohongan akan menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman. Bagaimana pun, hal itu merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Kebohongan memunculkan masalah konsep diri pada pasangan yang membuat ia menyalahkan diri sendiri dan merasa dirinya tidak berharga. Kondisi ini bisa berakibat pada hubungan yang retak dan akan sulit diperbaiki.

Berkurangnya Rasa Saling Menghargai

Hubungan dengan pasangan pasti diawali dengan perasaan saling menghargai dan keyakinan untuk menatap masa depan yang positif. Namun, rasa saling menghargai ini akan berkurang ketika salah satu pihak berbohong.

Apabila kebohongan terjadi berulang-ulang, perasaan itu pun bisa sepenuhnya hilang. Hal ini tentu akan berdampak pada tidak harmonisnya hubungan.

Populer video

Berita lainnya