Ini Makanan yang Nyaman Dinikmati saat Sakit Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sakit Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sakit gigi memang sungguh menyiksa bagi penderitanya. Terkadang, orang yang mengalami sakit gigi enggan makan dan membuka mulut, lantaran rasa nyeri yang dideritanya. Terkadang gusi dan gigi yang sakit pun bisa menjadi bengkak.

Maka dari itu, orang yang menderita sakit gigi butuh makanan yang lembut, sehingga tidak menambah rasa sakit akibat gigi yang bermasalah. Melansir laman Aldokter, berikut ragam makanan yang nyaman dinikmati penderita sakit gigi.

Bubur

Tekstur bubut yang lembut membuat makanan ini nyaman untuk dikonsumsi. Bubur juga mudah ditelan sehingga tidak meningkatkan rasa sakit pada gigi yang bermasalah.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang cocok juga untuk orang sakit gigi dan susah membuka mulut. Makanan ini berbentuk seperti bubur, sehingga teksturnya lembut dan mudah ditelan.

Kandungan serat pada makanan ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal biasanya mengandung nutrisi yang lengkap, seperti vitamin B, zat besi, magnesium, dan zinc. Semua nutrisi tersebut juga bisa menambah energi saat kamu sakit gigi.

Sayuran rebus

Sayuran yang sudah direbus memiliki tekstur yang lebih lunak, sehingga penderita sakit gigi tidak kesulitan mengunyahnya. Ragam sayuran yang enak untuk direbus meliputi kentang, wortel, sayuran berdaun hijau, dan labu siam.

Smoothies dan jus

Apabila takut merasa nyeri saat mengonsumsi  buah-buahan atau sayur-sayuran, Anda bisa menikmati dalam bentuk smoothies atau jus. Selain enak, makanan ini juga bernutrisi. Anda bisa memilih buah-buahan dan sayuran tinggi antioksidan, seperti tomat, brokoli, apel, jeruk, alpukat, serta stroberi.

Populer video

Berita lainnya