Jangan Dilewatkan, Manfaat Jalan Pagi untuk Hidup Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jalan Pagi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meski terdengar sepele, jalan pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan bukan hanya untuk organ tubuh, jalan kaki juga dapat membantu meningkatkan kualitas psikologis Anda. Melansir laman sehatQ, berikut ipenjelasan mengenai manfaat jalan pagi, yang sebaiknya tidak dilewatkan.

Memberikan energi

Beberapa kajian menunjukkan, orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan. Apabila Anda bangun dan merasa lelah, melakukan jalan pagi dapat menjadi aktivitas positif, yang layak dicoba.

Melengkapi kebutuhan tubuh untuk beraktivitas fisik

Sebagai orang dewasa yang sehat, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 150-300 menit, dalam satu minggu. Kebutuhan tersebut, bisa Anda bagi dalam 5 hari, masing-masing 30 menit per hari untuk melakukan jalan pagi.

Memperbaiki mood

Manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis. Jalan pagi dapat meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan rasa cemas. Selain itu, manfaat jalan pagi lainnya adalah mengikis gejala depresi, serta meurunkan risiko Anda untuk terkena kondisi depresi.

Memperkuat jantung

Manfaat jalan kaki setiap hari selama setidakanya 30 menit dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 19%. Anda juga bisa meningkatkan manfaat ini dengan menambah jarak berjalan secara bertahap.

Menurunkan berat badan

Melakukan jalan pagi selama 30 menit, secara tak langsung membantu menurunkan berat badan. Sebab, jalan pagi dengan durasi tersebut, dapat membakar hingga 150 kalori. Namun harus diingat, penting untuk mengombinasikannya dengan diet sehat, serta melakukan aktivitas fisik lainnya, demi mencapai bobot yang diinginkan.

Memperkuat tulang dan sendi

Jalan kaki termasuk olahraga yang menahan beban tubuh Anda sendiri. Karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Manfaat jalan pagi juga bisa membant melindungi sendi di lutut dan pinggul, dengan memicu lubrikasi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi tersebut.

Membentuk otot paha

Jalan santai di pagi hari juga bisa menguatkan dan membentuk otot paha. Anda dapat berjalan santai di tempat menanjak atau rute dengan tangga untuk bisa melatih otot paha. Akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan olahraga ketahanan lainnya, seperti squat dan lunges.

Membantu Anda jalani rutinitas harian

Memulai hari dengan melakukan jalan pagi, akan membantu Anda dalam menjalani aktivitas yang hendak dikerjakan. Setelah jalan pagi, pikiran dapat menjadi lebih jernih, tanpa terburu-buru.

Menurunkan kadar gula darah

Sebuah riset skala kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sesudah sarapan, makan siang, dan makan malam berpotensi lebih berpengaruh dalam memperbaiki kadar gula dalam darah, jika dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit sekaligus dalam satu waktu tertentu.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam studi tertentu yang meneliti seribu orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari, memiliki masa sakit lebih rendah hingga 43% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Jika sakit pun, orang yang rutin berjalan kaki akan lebih cepat sembuh.

Meningkatkan suasana hati

Menurut berbagai studi, jalan kaki dapat membantu redakan kecamasan, depresi, dan suasana hati yang buruk. Tidak hanya itu, manfaat jalan pagi pun dipercaya bisa meningkatkan percaya diri. Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah jalan selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Membantu raih ide-ide baru

Sebuah studi juga menjabarkan bahwa jalan kaki dapat membantu Anda untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang baru. Di studi itu, para ahli melihat bahwa ide-ide kreatif bermunculan saat partisipan sedang berjalan di luar rumah.

Populer video

Berita lainnya