Ragam Manfaat Daun Kelor untuk Mata dan Cara Penggunaannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Daun Kelor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sejak lama daun kelor dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya untuk kesehatan mata. Manfaat ini berasal dari ragam nutrisi yang terkandung di dalamnya dan diketahui baik untuk mata, seperti vitamin A, vitamin C, serta antioksidan, seperti flavonoid, fenol, dan lutein.

Selain itu, daun kelor juga mengandung asam amino, beta karoten, kalsium, dan zat besi. Melalui beragam aneka nutrisi ini, daun kelor pun diduga memiliki sifat antiradang, antikuman, antikanker, dan antialergi. Dengan begitu, kesehatan mata tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit mata. Melansir laman alodokter, berikut ragam manfaat daun kelor untuk kesehatan mata.

Mengobati mata merah

Mata merah atau konjungtivitis dapat terjadi akibat peradangan pada mata karena infeksi kuman atau alergi. Kondisi ini diduga mampu diatasi oleh daun kelor karena mengandung senyawa yang bersifat antiradang, antialergi, dan antikuman. Dengan begitu, gejala mata merah akibat peradangan dapat kunjung reda.

Melindungi dari kerusakan mata

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa konsumsi daun kelor yang kaya akan vitamin A dan senyawa antioksidan alami dapat mencegah seseorang terkena kerusakan akibat paparan radikal bebas dan sinar matahari.

Mencegah katarak

Selain daun, bagian akar dan batang pohon kelor juga dipercaya berkhasiat untuk mencegah dan mengobati katarak. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, flavonoid, fenolik, dan karotenoid yang dapat melindungi lensa mata dari bahaya oksidasi, menjaga kejernihan lensa mata, serta menurunkan risiko terkena penyakit katarak.

Manfaat daun kelor untuk mata dapat Anda peroleh dengan menggunakannya sebagai cairan pencuci mata. Cara membuatnya, Anda cukup melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Ambil beberapa lembar daun kelor, lalu cuci dengan air mengalir.
  • Panaskan sekitar 600 ml air hingga mendidih.
  • Masukkan daun kelor yang telah dicuci ke dalam air mendidih.
  • Rebus selama kurang lebih 15 menit.
  • Keluarkan daun kelor dari air rebusan.
  • Tunggu hingga air menjadi dingin.
  • Cairan pencuci mata dari daun kelor siap digunakan.
  • Untuk penggunaannya, Anda bisa menuangkan air tersebut ke telapak tangan, lalu mengoleskannya ke daerah kelopak mata atau menggunakannya secara langsung untuk mencuci mata.

Guna memastikan keamanannya, disarankan berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum Anda menggunakan daun kelor pada mata.

Populer video

Berita lainnya