Ketahui Posisi Tidur yang Tepat untuk Meredakan Nyeri Haid

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Nyeri Haid
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Nyeri haid bisa dialami kapan saja, termasuk saat hendak tidur. Kondisi itu tentunya sangat mengganggu istirahat Anda. Karena itu perlu mengetahui cara yang tepat untuk merekadakannya.

Salah satunya mengetahui posisi tidur yang tepat, untuk membantu meredakan nyeri haid. Apalagi, hormon yang tidak stabil selama menstruasi membuat sebagian wanita susah untuk tidur.Melansir laman Alodokter, berikut ini posisi tidur untuk meredakan nyeri haid yang bisa Anda coba.

Tidur fetal (meringkuk)

Posisi tidur untuk meredakan nyeri haid ini menyerupai posisi janin dalam kandungan. Cara melakukannya, kamu cukup berbaring menyamping dan menekuk kedua kaki hingga lutut sejajar dengan dada. Posisi ini sangat direkomendasikan untuk meredakan nyeri haid, karena bisa membuat otot perut relaks dan mengurangi tekanan di punggung bagian bawah.

Tidur menyamping

Tidur menyamping merupakan posisi tidur yang umum. Namun, untuk meredakan nyeri haid, perlu memosisikan tubuh dengan benar, yaitu berbaring ke samping dengan menempatkan sebuah bantal di bawah leher dan di antara paha.

Peletakan bantal ini bertujuan mengurangi tekanan pada tulang belakang dan panggul, yang berimbas pada berkurangnya rasa nyeri.

Tidur telentang

Anda jugap bisa mencoba tidur telentang. Supaya posisi tidur untuk meredakan nyeri haid efektif, Anda perlu menempatkan bantal di bawah leher dan di bawah lutut.

Tujuannya untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang dan punggung bagian bawah, sehingga nyeri haid yang dirasakan perlahan-lahan menghilang.

Tidur telungkup

Mungkin tidak semua orang nyaman dengan tidur telungkup. Namun, posisi ini juga dapat membantu meredakan nyeri haid karena dapat mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah. Coba letakkan bantal di bawah perut dan pinggul.

Pose dewi telentang

Anda juga bisa mencoba salah satu pose dewi telentang (supta baddha konasana). Untuk melakukannya, berbaringlah sambil menekuk lutut. Kemudian, jatuhkan kedua lutut secara bersamaan, ke kanan dan ke kiri, lalu satukan kedua telapak kaki.

Agar lebih nyaman, posisikan guling di sepanjang tulang belakang. Posisi tidur untuk meredakan nyeri haid ini bisa Anda lakukan selama 5–10 menit sampai tulang punggung dan pinggul menjadi relaks.


Populer video

Berita lainnya