Alasan Perlunya Pekerja Mendapat Jatah Libur 2 Hari dalam Seminggu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stres Bekerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi pekerja yang harus bekerja 5 hari dalam seminggu, akhir pekan memang menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu. Namun apa jadinya jika libur 2 hari dihapuskan, dan pekerja hanya mendapatkan jatah libur sehari dalam seminggu? Apa dampaknya bagi kesehatan?

Menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, seperti dilansir dari laman klikdokter, seseorang idealnya bekerja 40 jam per minggu. Dengan kata lain, 8 jam per hari dari Senin hingga Jumat. Apabila seseorang bekerja lebih dari 40-50 jam per minggu, produktivitasnya bakal menurun. Sebab, bekerja lebih dari 40 jam dapat membuat seseorang merasa lelah dan beban stres yang dipunya juga semakin membesar.

Oleh karenanya, hari libur bisa membantu seseorang me-reset kembali otak atau pikiran yang penuh dari kesibukan sehari-hari. Di samping itu, ada beberapa alasan lain mengapa tenaga kerja butuh libur dua hari dalam seminggu;

Menurunkan Risiko Stres

Bekerja setiap hari tanpa waktu libur memang membosankan. Bisa dibayangkan jika hari-hari anda hanya dipenuhi dengan meeting, bertemu klien, menulis laporan, pembukuan, dan sebagainya. Kondisi-kondisi seperti ini tentunya membuat anda jadi semakin banyak pikiran dan akhirnya menimbulkan stres.

Agar terhindar dari stres berlebih, para tenaga kerja wajib memiliki waktu libur minimal dua hari dalam seminggu. Ini karena otak akan terasa lebih relaks dan beristirahat dari tuntutan pekerjaan di kantor.

Lebih Produktif saat Kembali Kerja

Tidur siang beberapa menit sudah bisa membantu mengembalikan produktifitas dalam bekerja. Apalagi jika memiliki waktu libur selama dua hari? Dalam waktu dua hari, anda diharapkan bisa menikmati waktu libur dengan santai, dan meluangkan waktu menyenangkan diri sendiri atau pergi bersama orang terdekat. Dengan begitu, otak akan kembali segar dan bisa produktif lagi untuk bekerja.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Selain secara mental, libur dua hari dalam seminggu isa meningkatkan sistem imunitas. Caranya dengan meningkatkan hormon bahagia pada tubuh, sehingga akhirnya imunitas tubuh ikut naik. Sistem imunitas tubuh bisa menurun bila anda stres. Namun, jika bisa mengelola stres dengan baik, salah satunya dengan libur dua kali dalam seminggu, risiko stres berlebih pun akan menurun.

Meningkatkan Keharmonisan dalam Hubungan

Liburan juga disebut penting untuk meningkatkan keharmonisan dengan pasangan. Menikmati waktu libur bersama pasangan dipercaya bisa kembali mendekatkan hubungan yang jauh atau terasa membosankan. Biarkan diri anda sesekali mengambil cuti untuk menghabiskan waktu di sofa bersama pasangan atau luangkan waktu untuk pergi ke tempat favorit.

Punya Waktu Istirahat yang Cukup

Libur dua hari dalam satu minggu bisa membantu mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Ketika tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tidak hanya pikiran yang jadi lebih fresh, tapi kesehatan tubuh secara keseluruhan juga lebih baik.

Populer video

Berita lainnya