Jangan Sepelekan, Ini Beberapa Penyebab Lidah Kuning

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Lidah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Warna lidah yang normal adalah merah muda dengan sedikit lapisan putih terang di atasnya. Bila warna lidah kuning, ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari yang bersifat sementara dan tidak berbahaya hingga yang lebih gawat dan membutuhkan pengobatan medis.

Sebaiknya jangan sepelekan menguningnya lidah Anda. Meski penyebabnya kadang terkait dengan kebiasaan sehari-hari, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa penyebab yang bisa membuat warna indera pengecap Anda menjadi kuning.

Buruknya kebersihan gigi

Penyebab umum dari lidah kuning adalah penumpukan sel kulit mati dan bakteri di sela-sela bintil lidah (papila). Ini bukanlah suatu tanda penyakit serius, melainkan lebih disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk. Biasanya ini terjadi karena malas menggosok gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Diperburuk dengan kurangnya kesadaran untuk banyak minum air putih.

Merokok

Kebiasaan merokok memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya paru-paru, ada banyak organ tubuh yang akan memburuk kondisinya karena rokok. Bahan kimia dalam asap tembakau rokok bisa membuat lidah Anda berubah warna kuning. Selain itu, gigi menguning juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk ini. Semakin Anda sering merokok, kondisi mulut Anda akan jadi semakin memburuk.

Obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi

Memilih obat kumur juga tidak boleh asal. Pilihan obat kumur yang mengandung zat tertentu bisa menguningkan lidah Anda. Misalnya obat kumur yang mengandung peroksida, witch hazel, atau menthol bisa mengubah warna lidah Anda.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa antibiotik dapat menyebabkan lidah kuning akibat ketidakseimbangan mikroba yang menyebabkan bakteri atau ragi berkembang biak dalam mulut. Bila ini terjadi, ragi atau bakteri bisa menumpuk di lidah dan menyebabkan lidah menguning.

Obat-obatan tertentu seperti obat untuk sindrom Sjogren dan diabetes, serta terapi radiasi dan kemoterapi dapat membuat mulut kering. Mulut kering adalah salah satu faktor risiko dari lidah kuning.

Sindrom lidah hitam berbulu

Lidah berbulu hitam adalah gangguan mulut sementara dan tidak menimbulkan rasa sakit. Kondisi yang tidak berbahaya ini terjadi saat bintil lidah (papila) yang melapisi ujung dan kedua sisi lidah Anda tumbuh membesar.

Ukuran papilla yang lebih panjang dari biasanya dapat dengan mudah menjebak sel-sel kulit mati dan bakteri mulut, yang kemudian jadi ikut bercampur dengan residu tembakau, sisa makanan, atau zat lainnya.

Lidah geografis

Lidah geografis adalah suatu kondisi kelainan struktur lidah yang membuat permukaan lidah tidak tertutupi merata oleh papila. Akibatnya, permukaan lidah tampak seperti area “kebotakan” merah yang acak dan tidak teratur.

Sakit kuning

Sakit kuning (jaundice) adalah suatu kondisi di mana warna kulit dan bagian putih mata Anda berubah menguning. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan hati sehingga tidak bisa mengolah zat sisa bilirubin dengan benar. Bilirubin adalah pigmen kuning yang diproduksi saat sel darah merah rusak. Ketika bilirubin menumpuk di dalam darah, kulit, putih mata, dan lidah Anda bisa menjadi kuning.

Populer video

Berita lainnya