Tips Mengasah Pola Pikir Berkembang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pola Pikir Berkembang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pola pikir berkembang (growth mindset) adalah keyakinan bahwa keterampilan dan kecerdasan merupakan sesuatu yang dapat dipelajari dan diusahakan. Orang dengan pola pikir berkembang lebih suka mencoba hal baru dan menjadikan kegagalan sebagai peluang supaya lebih berkembang.

Pola pikir berkembang sendiri menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki dalam hidup. Ketika memilikinya, Anda akan jauh lebih bisa menikmati tantangan dalam hidup dan pantang menyerah untuk mencapai tujuan. Manfaat lain dari memiliki pola pikir berkembang di antaranya, memiliki prestasi yang lebih unggul dalam dunia pendidikan, pekerjaan, maupun sosial, mampu menghargai proses, dan lain sebagainya.

Sementara bagi Anda yang ingin memiliki pola pikir berkembang, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengasah pola pikir berkembang seperti dilansir dari laman alodokter.

Cintai diri sendiri

Langkah yang pertama, Anda harus bisa menyayangi dan mencintai diri sendiri. Pahami bahwa kekurangan dan ketidaksempurnaan yang dimiliki bukan sebuah keterbatasan, namun bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang unik. Anda juga tidak perlu meminta validasi dari orang lain atas semua yang Anda lakukan. Ini justru bisa menghambat terbentuknya growth mindset.

Menumbuhkan pikiran positif

Sibuk memikirkan sesuatu yang negatif hanya akan membuat Anda stuck dan menimbulkan perasaan yang semakin buruk. Alhasil, Anda menjadi kurang produktif dan tidak bisa melakukan apa pun dengan baik.

Berani menghadapi tantangan

Mulailah berani menghadapi setiap tantangan hidup yang terjadi. Ketika berani, biasanya Anda akan lebih percaya diri. Dalam menghadapi tantangan, biasakan untuk mencoba hal-hal baru. Sebab, menyelesaikan tantangan dengan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya bisa menambah daftar skill dan kreativitasmu.

Hargai proses

Jangan menilai segala sesuatunya hanya dari hasil akhirnya saja. Hargailah prosesnya dan jangan hanya hasilnya. Apabila hanya terpaku pada hasil, Anda tidak akan bisa belajar dari kegagalan dan lebih mudah menyerah ketika menghadapi tantangan serupa.

Pahami kegagalan bukan akhir dari segalanya

Gagal bukan berarti berhenti mencoba. Justru, kegagalan yang terjadi seharusnya bisa dijadikan proses dari pembelajaran. Jika Anda mendapatkan kritikan dari kegagalan yang dialami, jadikan ini sebagai semangat yang membangun. Jangan pusingkan diri memikirkan omongan-omongan orang lain.

Populer video

Berita lainnya