Jangan Dikucek! Begini Cara Mengatasi Mata Kelilipan yang Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Kelilipan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Umumnya, kelilipan tidak berbahaya. Namun, ketika benda asing memasuki mata, biasanya Anda akan merasa risih karena ternganggunya pengelihatan. Bahkan dalam kasus tertentu, kelilipan bisa menyebabkan infeksi dan berpotensi menyebabkan hilangnya penglihatan.

Nah, benda asing yang masuk ke mata harus dikeluarkan sesegera mungkin. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan bisa menyebabkan komplikasi yang serius seperti infeksi, luka, hingga munculnya jaringan parut pada kornea. Sementara jika penyebab kelilipan adalah debu, umumnya mata akan mengeluarkan air mata untuk membantu membersihkan mata.

Namun, ketika benda asing yang masuk ke mata cukup besar dan menempel dengan erat, maka cara melansir laman aldokter, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

  • Jangan langsung mengucek mata.
  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun hingga bersih sebelum menyentuh area mata.
  • Jika kamu sedang menggunakan lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu lensa kontak tersebut.
  • Cari keberadaan benda asing pada mata dengan bantuan cermin. Agar lebih mudah, pastikan pencahayaan ruangan cukup. Kamu bisa memulai dengan mencari di bagian bola mata berwarna putih, kemudian ke kelopak mata bagian atas, dan kelopak mata bagian bawah.

Setelah benda asing penyebab kelilipan sudah ditemukan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengeluarkannya, seperti:

  • Siapkan wadah berisi air hangat.
  • Benamkan mata yang kelilipan ke dalam wadah air tadi.
  • Jika benda asing ada pada bagian dalam kelopak mata bagian atas, maka tarik secara perlahan kelopak mata tersebut.
  • Kedipkan mata beberapa kali di dalam air, guna mengeluarkan benda asing yang ada pada mata.
  • Hindari mengeluarkan benda asing di mata dengan menggunakan benda padat, seperti tusuk gigi, pinset, atau cotton bud.

Ketika benda asing sudah keluar dari mata, umumnya bisa diketahui dari hilang atau meredanya gejala kelilipan, seperti rasa mengganjal atau rasa perih di mata. Bila demikian, gunakan kapas atau tisu bersih untuk mengeringkan kulit di sekitar mata dengan lembut.

Populer video

Berita lainnya