Ketahui Manfaat Tidur Telentang untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengatasi Tidur Mendengkur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Posisi tidur bisa menjadi salah satu faktor tidur berkualitas. Dengan posisi yang tepat tidur akan terasa nyaman dan nyenyak, sehingga proses tubuh dalam memperbaiki sel-sel yang rusak berlangsung dengan optimal.

Nah, telentang merupakan posisi tidur yang baik dan disarankan karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Meskipun, posisi ini juga memiliki beberapa risiko yang mungkin ditimbulkan.

Saat tidur telentang, tulang belakang menjadi rileks. Kondisi ini membantu melancarkan sirkulasi darah. Melansir laman Alodokter, berikut ini manfaat dari tidur dengan posisi telentang.

Mencegah keriput

Keriput merupakan salah satu tanda penuaan. Kondisi ini juga dapat terjadi karena posisi tidur yang kurang tepat. Sebab, posisi tidur yang menekan wajah, seperti tidur dalam posisi miring, dapat menimbulkan keriput.

Tidur telentang dapat menjadi solusi untuk mencegah terjadinya keriput karena posisi kepala menghadap ke atas. Dengan begitu, wajah tidak mengalami gesekan atau tekanan dengan bantal, sehingga mengurangi risiko terjadinya keriput.

Menurunkan risiko terkena glaukoma

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur telentang dengan sudut kemiringan kepala sebesar 30° dapat melancarkan peredaran darah pada bagian kepala, termasuk pada bola mata. Posisi ini juga dapat menurunkan tekanan dalam bola mata, sehingga risiko terkena glaukoma juga berkurang.

Mencegah sinusitis

Tidur telentang dengan kepala ditinggikan dapat membantu meredakan hidung tersumbat, khususnya akibat sinusitis. Pasalnya, gaya gravitasi akan membuat cairan mengalir, sehingga saluran pernapasan menjadi lega tanpa genangan ingus.

Mencegah terjadinya SIDS

Bayi berusia 1−12 bulan rentan mengalami aindrom kematian bayi mendadak (SIDS) jika tidur dalam posisi tengkurap. Saat tengkurap, bayi akan menghirup kembali nafas yang dikeluarkan, sehingga kadar oksigen dalam tubuhnya berkurang.

Dengan memposisikan bayi tidur telentang, saluran pernapasannya tidak akan terhalang. Bayi pun akan lebih mudah bernafas, sehingga risiko terjadinya SIDS berkurang.

Mengurangi sakit pinggang

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur telentang yang dikombinasikan dengan tidur menyamping dapat membantu mengurangi sakit pinggang. Anda dapa meletakkan bantal di punggung bawah agar tulang belakang menjadi rileks dan tidak mendapatkan tekanan berlebih.

Populer video

Berita lainnya