Begini Langkah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Kaki

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Patah tulang pada kaki bisa terjadi pada siapa saja, akibat trauma atau kecelakaan. Kondisi ini memerlukan pertolongan pertama yang cepat dan tepat agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Lantas pertolongan pertama apa yang harus diberikan ketika mengalami patah tulang kaki? Melansir laman halodoc, berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan.

Tenangkan korban

Saat seseorang mengalami patah tulang kaki, mereka mungkin akan mengalami rasa sakit yang hebat. Pertama-tama, bantu mereka untuk bernapas dengan tenang. Berbicaralah dengan tenang dan pastikan mereka merasa aman.

Beri bantuan pertama

Lakukan bantuan pertama dengan memastikan bahwa area di sekitar patah tulang kaki tetap stabil dan tidak bergerak. Bantulah mereka untuk duduk atau berbaring dengan nyaman.

Anda juga bisa menyelipkan perban di bawah kedua kaki di pergelangan kaki dan lutut, atau di atas dan di bawah tempat yang terduga patah tulang. Tempatkan bantalan di antara kaki bagian bawah untuk kenyamanan.

Dinginkan area yang terluka

Jika terjadi pembengkakan atau memar, gunakan es untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Tempatkan es di dalam kantung plastik dan balut dengan handuk sebelum diletakkan di atas area yang terluka. Dinginkan selama 15-20 menit, kemudian beri jeda selama 30 menit hingga satu jam, lalu dinginkan kembali.

Ikatkan benda yang bisa menopang

Jika memungkinkan, bungkus kaki korban dengan kain atau kain kasa untuk menghindari pergerakan yang berlebihan. Pastikan untuk tidak terlalu kencang sehingga tidak menghambat aliran peredaran darah.

Bawa korban ke dokter atau rumah sakit

Patah tulang kaki adalah kondisi medis yang serius dan memerlukan penanganan medis segera. Setelah memberikan bantuan pertama, segera bawa korban ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Populer video

Berita lainnya