Begini Cara Mengatasi Kulit Kepala Bau

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kulit Kepala Bau
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masalah rambut dan kulit kepala tidak seringkali menurunkan rasa tidak percaya diri seseorang. Salah satunya masalah kulit kepala bau. Meskipun keluhan ini tidak seumum masalah bau ketiak atau bau kaki, namun tidak sedikit orang yang minder karena hal ini.

Pada dasarnya, tidak ada gangguan penyakit yang khusus menyebabkan kulit kepala bau. Tetapi kondisi ini dapat disebabkan oleh beragam kondisi yang di antaranya, kurang menjaga kebersihan, keringat berlebih, ketombe, psoriasis kulit kepala, perubahan hormon, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu untuk mengatasi kulit kepala bau. Meskipun demikian, hal yang utama untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai perawatan agar kulit kepala tidak bau.

Gunakan sampo yang tepat

Jika Anda memiliki kulit kepala berketombe atau mengalmai dermatitis seboroik, sebaiknya pilih sampo yang dapat mengatasi kondisi tersebut. Sampo dengan kandungan ketokonazol, asam salisilat atau seng pyrithione mungkin bisa menjadi pilihan.

Mengingat kulit kepala Anda sensitif, sebaiknya pilih sampo dengan kandungan lembut yang tidak mengandung sulfat, alkohol dan parfum. Selain itu, saat keramas, sebaiknya lakukan dengan pijatan lembut untuk meningkatkan sirkulasi dan mencegah pengikisan kulit kepala.

Namun jika Anda memiliki jenis kulit kepala atau rambut yang berminyak, sebaiknya cuci rambut minimal sekali setiap harinya dan gunakan kondisioner setelah keramas.

Lidah buaya

Kulit kepala bau akibat dermatitis seboroik mungkin dapat diatasi dengan lidah buaya. Tanaman ini memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang membuatnya bisa menjadi pengobatan alternatif untuk kondisi ini.

Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala. Untuk mencegah iritasi, sebaiknya cuka apel diencerkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke area kulit kepala. Perlu diingat, tidak semua orang cocok menggunakan cuka apel untuk mengatasi rambut atau kulit kepala yang bau, contohnya pada penderita eksim.

Sari lemon

Air perasan lemon memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi bakteri penghasil bau di kulit kepala. Meski demikian, gunakan dengan hati-hati karena mungkin bisa membuat kulit kepala teriritasi dan lebih sensitif terhadap matahari.

Megnonsumsi suplemen omega 3

Suplemen omega-3 dan minyak ikan dapat menyehatkan rambut dengan merangsang sirkulasi di kulit kepala serta mengurangi peradangan. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tertentu.

Konsumsi probiotik

Probiotik dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma usus. Karena kesehatan usus terkait dengan kesehatan kulit, termasuk kulit kepala, maka mengonsumsi probiotik juga mungkin dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Direkomendasikan konsumsi probiotik yang setidaknya mengandung dua jenis bakteri seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Populer video

Berita lainnya