Tanda-Tanda Anda Berada dalam Lingkungan Pertamanan yang Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Pertemanan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebuah hubungan pertemanan memiliki peran penting dalam kehidupan. Bahkan, pertemanan yang sehat bisa menjadi sumber kebahagiaan, kasih sayang, dan dukungan yang luar biasa. Hanya saja, tidak semua lingkaran pertemanan bisa memberikan manfaat tersebut.

Ada lingkungan pertemanan yang justru bisa membawa dampak yang buruk. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali beragam tanda lingkaran pertemanan yang sehat, sehingga tidak akan terjebak dalam hubungan pertemanan yang toxic. Melansir laman alodokter, berikut ini tanda-tanda Anda berada dalam lingkungan pertemanan yang sehat.

Tidak ragu untuk berbagi

Meski berada dalam lingkaran pertemanan yang sama, tetapi setiap orang bisa saja memiliki nilai, tujuan, maupun gaya hidup yang berbeda-beda. Jika teman-teman Anda bisa mengerti, menerima, dan menghormati perbedaan-perbedaan tersebut, ini merupakan tanda pertama bahwa Anda berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat.

Hal tersebut biasanya tercermin dari tidak adanya perasaan ragu atau takut untuk berbagi mengenai semua hal dengan temanmu, baik hal yang kecil, besar, baik, maupun buruk.

Nyaman menjadi diri sendiri

Bila Amda merasa nyaman untuk menjadi dirimu sendiri saat bersama teman-temanmu, ini artinya Anda berada dalam lingkungan pertemanan yang sehat. Sebaliknya, bila Anda berada dalam lingkar pertemanan yang tidak sehat, kemungkinan Anda akan menunjukkan banyak kepura-puraan. Ini karena Anda merasa tidak nyaman untuk menunjukkan kepribadian, minat, dan pendapat secara jujur.

Mendukung kesuksesan Anda

Lihatlah reaksi teman-teman saat Anda berhasil mencapai suatu hal dalam hidup. Misalnya, Anda mendapat beasiswa maupun menikah dengan orang yang kamu cintai.

Bila teman Anda ikut merayakan dan dengan tulus memberi selamat atas kesuksesan yang Anda raih, ini artinya Anda berada dalam lingkup pertemanan yang sehat. Sebaliknya, jika temanmu tidak suka atau cemburu akan pencapaianmu, hati-hati, karena ini merupakan salah satu tanda teman toxic.

Banyak kenangan indah

Dalam lingkaran pertemanan yang sehat, Anda biasanya memiliki banyak kenangan indah bersama teman. Akan tetapi, bila Anda berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat, masalah atau momen-momen buruk akan dengan mudah dikalahkan dengan berbagai kenangan yang lebih indah.

Mendukung lingkaran pertemanan Anda yang lain

Anda pasti memiliki lebih dari satu lingkaran pertemanan. Mulai dari teman sekolah, teman kerja, hingga pertemanan di rumah. Jika kamu berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat, teman-temanseharusnya tidak akan membatasi Anda untuk berteman dengan kelompok lain, selama kelompok tersebut tidak merugikanmu atau orang lain. Lingkaran pertemanan yang sehat justru akan mendukung hubunganmu dengan teman-temanmu yang lain.

Populer video

Berita lainnya