Menguak Manfaat Daun Jeruk untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Daun Jeruk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Daun jeruk merupakan salah satu rempah yang seringkali digunakan sebagai campuran bahan masakan. Selain untuk memasak, ternyata terdapat sejumlah manfaat daun jeruk untuk kesehatan. Di antaranya menjaga kesehatan mulut, gigi dan rambut, mengobati peradangan, serta mengurangi risiko kanker. Melansir laman klikdokter, berikut ulasannya.

Meningkatkan kesehatan mulut dan gigi

Daun jeruk dapat meminimalkan risiko masalah gigi. Sebab, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa minyak esensial yang dihasilkan daun jeruk purut dapat mengurangi bakteri jahat di dalam rongga mulut. Bahkan sebuah peneliti mengungkapkan, campuran ekstrak daun jeruk purut ke dalam pasta gigi organik maupun obat kumur, untuk memperoleh fungsi daun jeruk dalam menjaga kesehatan mulut, gusi dan gigi.

Khasiat daun jeruk dalam menjaga kesehatan mulut juga berasal dari kemampuannya mengatasi sariawan, peradangan mulut yang disebabkan kondisi tubuh kekurangan cairan dan vitamin C. Pasalnya, daun jeruk purut merupakan sumber vitamin C yang baik.

Untuk mengatasi sariawan, daun jeruk purut dapat dicampurkan ke dalam air infus hangat. Cara ini juga diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Perawatan rambut

Mengutip studi yang dimuat Journal of Complementary and Integrative Medicine tahun 2013, bahwasannya daun jeruk purut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Khasiat ini diperoleh dengan memeras daun jeruk, lalu mengoleskan air perasannya ke kulit kepala dan rambut.

Riset mengungkapkan, daun jeruk bermanfaat menurunkan risiko kebotakan serta memperkuat folikel rambut pria. Daun ini juga bermanfaat dalam melembapkan kulit kepala, mencegah ketombe, serta menambah kilau rambut.

Mengobati peradangan

Kegunaan daun jeruk selanjutnya yaitu mengobati nyeri akibat peradangan. Khasiat ini berasal dari kandungan senyawa antiinflamasi di dalam daun jeruk. Senyawa antiradang daun jeruk purut disebut-sebut bermanfaat mengatasi nyeri akibat rematik radang sendi, edema, asam urat, maupun kondisi peradangan lainnya. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi hal tersebut.

Mencegah kanker

Menerapkan pola diet sehat dan bergizi seimbang menjadi salah satu mencegah kanker. Pola makan sehat dan bergizi seimbang dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan. Sehingga, mencegah pertumbuhan sel abnormal akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Mengutip Health Benefit Times, daun jeruk purut sendiri dapat dimasukkan menjadi salah satu menu asupan harian untuk menurunkan risiko kanker. Kendati demikian, dibutuhkan riset lanjutan untuk mengonfirmasi khasiat ini.

Populer video

Berita lainnya