Sambut Hari Batik Nasional, PPUMI Jawa Tengah Siap Gelar Adikarya Batik Nusantara 2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang kendunia. Bahkan batik telah masuk ke dalam daftar Perwakilan Warisan Budaya tak Benda United Nations of Educational, Scientific dan Cultural Organization (UNESCO) pada 2 Okteber 2009. Sejak saat ditetapkannya tanggal tersebut sebagai Hari Batik Nasional.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Jawa Tengah menggandeng LimaSatu Kreatif Indonesia akan menyelenggarakan acara Adikarya Batik Nusantara 2023 (ABN) di Kota Solo, yang dikenal sebagai salah satu kota akar Batik.

Diinisiasi 2T, Tuty Adib dan Tuty Cholid, event ini menjadi agenda tahunan. Harapannya bisa ikut mempromosikan dan merayakan keindahan warisan budaya Indonesia, serta mendukung pertumbuhan industri batik dan Perempuan UMKM Indonesia. Ini menjadi komitmen ABN 2023, untuk melestarikan dan memajukan kekayaan budaya bangsa.

“Selain pameran akan berlangsung pagelaran fashion show dari para desainer dan pelaku industri fashion serta talkshow,” kata Tuty Adib, salah satu inisiator acara.

Event ABN 2023 akan berlangsung selama 5 hari di Atrium Solo Square, Jawa Tengah, dari 4 hingga 8 Oktober 2023. Salah satu pertunjukan yang disiapkan adalah Pameran Batik Nusantara, yang terinspirasi dari ragam budaya Indonesia.

Tak hanya itu, ABN 2023 juga menghadirkan Fashion Show yang melibatkan para desainer kenamaan negeri ini. Sebut saja Itang Yunasz, Tuty Adib, Tuty Cholid, Naniek Rachmat, Musa Widyatmojo, Deden Siswanto, Wilsen Willim, Samuel Wattimena, Eridani, dan para pengusaha batik Indonesia, seperti Batik Danar Hadi X Surya Abduh, Kasih Fajarini dan Batik Riana Kusuma.

“Adikarya Batik Nusantara adalah perayaan budaya Indonesia yang luar biasa dan merupakan kesempatan emas untuk memahami serta merasakan kekayaan warisan Batik Nusantara,” ujar Eka Nugraha, perwakilan dari LimaSatu Kreatif Indonesia.

ABN 2023 juga akan menghadirkan Malam Penganugerahan bagi pelaku industri batik. Acara ini digelar untuk mengapresiasi dan menghargai kontribusi pelaku fashion dan batik di Indonesia.

Sementara di Sesi Premium Fahsion Show, ABN 2023 berkolaborasi dengan Bank Indonesia dalam rangka Road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF), dengan mengusung tema ‘Harmonizing Heritage : Unveiling Indonesian Elegance In Muslim & Batik Fashion’.

“Tema ini dipilih sebagai penghargaan terhadap keberagaman Budaya di Indonesia, menonjolkan persatuan negara melalui mode serta sebagai bukti keanggunan busana Muslim yang tak lekang oleh waktu dan daya pikat Batik yang abadi sehingga dapat menjembatani antar generasi dan budaya,” jelas Tuty Cholid, yang juga inisiator event ABN 2023.

Populer video

Berita lainnya