Sejumlah Buah yang Baik untuk Kesehatan Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Buah untuk kesehatan gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Buah mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga gigi tetap sehat. Buah memiliki ragam antioksidan yang dapat membantu melindungi gusi maupun jaringan mulut lainnya dari kerusakan sel ataupun infeksi bakteri.

Anda harus bijak dalam memilih buah untuk gigi. Pasalnya, tak semua buah bagus untuk gigi karena sifat asamnya. Lalu, perhatikan pula bagaimana cara mengonsumsi buah dan seberapa sering memakannya. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa buah yang bisa meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

Apel

Apel memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi. Dengan adanya gerakan mengunyah saat mengonsumsi buah ini, produksi air liur (saliva) juga akan menjadi lebih banyak, sehingga mampu menetralkan keasaman mulut. Hal ini dapat berguna mencegah gigi berlubang.

Tekstur buah apel yang renyah dan sedikit kasar juga dapat “menggosok” dan membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan, termasuk plak yang menempel. Napas pun lebih segar.

Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C sangat berguna untuk kesehatan pembuluh darah. Buah ini dapat meredakan peradangan, sehingga mampu menjaga kesehatan gusi. Vitamin C pada stroberi juga sangat berguna untuk produksi kolagen, yaitu protein yang mampu melawan penyakit periodontal. Buah ini pun dipercaya dapat mencerahkan warna gigi berkat kandungan asam malat di dalamnya.

Anggur

Anggur kaya akan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit periodontal. Buah ini juga mengandung antosianin untuk mencegah menempelnya plak pada permukaan gigi. Beberapa penelitian mengasumsikan, anggur memiliki manfaat mengurangi risiko kanker mulut.

Jeruk

Buah jeruk kaya vitamin C yang memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Kandungan nutrisi buah ini juga mampu mengatasi penyakit gusi agar tidak bertambah parah, karena dapat mengurangi peradangan.

Pir

Buah pir memiliki manfaat menetralkan asam di dalam mulut. Dengan kondisi tersebut, mulut akan selalu segar sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengancam kesehatan gigi.

Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Buah ini terbukti dapat membasmi bakteri di mulut dan meningkatkan asupan kolagen untuk mendukung kesehatan gusi.

Cranberry

Buah cranberry mengandung antosianin dan kaya polifenol. Kandungan ini dapat mencegah pembentukan plak gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang. Buah ini juga efektif menghambat pertumbuhan bakteri, terbentuknya plak gigi, serta mencegah radang gusi dan kerusakan gigi.

Semangka

Kaya akan serat, semangka mendukung gigi dan gusi yang sehat, karena kaya serat. Kadar air yang tinggi pada buah ini juga memicu produksi air liur. Hal ini dapat membuat mulut terlindungi dari partikel sisa makanan dan bakteri. Semangka juga kaya vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah penyakit gusi, serta menghambat pembentukan plak dan karang gigi.

Timun

Buah yang kerap dikelompokkan sebagai sayur ini memiliki kadar air tinggi, sehingga membantu melapisi mulut agar tidak kering. Mengunyah mentimun akan menghasilkan air liur untuk membantu menghilangkan bakteri jahat di mulut, sekaligus menetralkan kondisi rongga mulut yang asam.

Pisang

Buah pisang sangat baik untuk menunjang kesehatan gigi karena mengandung vitamin C, B6, dan juga kaya serat. Pisang juga mengandung mineral seperti potassium, mangan, dan magnesium yang bisa memperkuat gigi.

Populer video

Berita lainnya