Mengenal Istilah Humblebrag, Sikap Merendah untuk Meroket

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Merendah untuk Meroket
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pernahkah mendengar istilah merendah untuk meroket? Dalam dunia psikologi, hal ini disebut dengan humblebrag. Ya, humblebrag merupakan julukan bagi seseorang yang memamerkan sesuatu tetapi ingin terkesan rendah hati. Ucapan yang dilontarkan pun biasanya keluhan merendahkan dirinya sendiri. Namun di balik itu, ada tujuan terselubung yang dia ingin orang tahu.

Melansir laman alodokter, perilaku pamer secara terselubung biasanya disebabkan karena orang tersebut menghindari rasa malu dan bersalah dari perilaku sombong. Jadi, agar bisa membanggakan sesuatu atas keberhasilannya tanpa perlu malu menunjukkannya, mereka menyampaikannya dibumbui dengan kesan rendah hati. Selain itu, beberapa alasan berikut ini juga bisa membuat seseorang menjadi humblebragger:

  • Keinginan untuk membuat orang lain terkesan pada dirinya
  • Keinginan untuk meningkatkan harga diri
  • Keingingan untuk mendapatkan simpati
  • Keinginan untuk dihormati
  • Kultur yang menyebutkan jika kesuksesan tak perlu diumbar

Humblebrag sebduri bukan perilaku yang tergolong berbahaya. Akan tetapi, sikap ini tidak baik untuk dipelihara, sebab dapat memberi kesan tidak tulus atau palsu. Selain itu, kebiasaan humblebrag juga bisa membuat seseorang menjadi tidak peka terhadap situasi di sekitarnya.

Jadi, bersikaplah apa adanya dan sewajarnya. Anda tidak perlu berusaha memperlihatkan kelebihan dan keberhasilan kepada orang lain. Saat Anda benar-benar tulus bersikap rendah hati, orang-orang di sekitar tentu akan menghargai. Selain itu, jangan lupa untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda mengunggah sesuatu.

Populer video

Berita lainnya