Ini Manfaat yang Dapat Dirasakan dengan Menerapkan Mindfulness

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bekerja di Kantor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mindfulness merupakan kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, menyadari di mana Anda berada dan apa yang kamu lakukan. Serta tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar.

Menjadi mindful berarti memerhatikan dengan cermat apa yang terjadi saat itu. Artinya, Anda memerhatikan dengan baik apa yang terjadi dalam pikiran dan tubuh, dan itu berarti Anda menyadari apa yang terjadi di sekitar.

Hal tersebut dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan, hubungan, dan juga kesejahteraan secara keseluruhan. Melansir laman Halodoc, ini manfaat mindfulmess dalam kehidupan.

Menghilangkan stres

Melatih mindfhlmess dapat membantu Anda fokus, di mana dapat mengamati pikiran dan perasaan tanpa menghakimi. Dengan perhatian penuh, Anda dapat belajar dan mengamati pikiran-pikiran dan mencoba untuk tidak mengikutinya atau terjebak di dalamnya. Hal tersebut dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Meningkatkan hubungan

Dalam kehidupan yang pada sibuk, perhatian mungkin terganggu saat berinteraksi dengan teman dekat dan keluarga. Menjadi mindfulness m dapat membantu kamu terhubung lebih baik dengan orang lain. 

Mengelola kesehatan mental

Mindfulness dapat membantu mengelola banyak kondisi kesehatan mental. Termasuk depresi, kecemasan, kecanduan, dan gangguan makan. Praktik ini juga dapat membantu Anda mengelola amarah.

Menurunkan berat badan

Mindful eating  adalah salah satu cara menerapkan mindfulness. Ini adalah teknik yang memfokuskan perhatian pada pengalaman makanan dan rasa lapar.  Hal tersebut memungkinkan Anda mengidentifikasi pemicu makanan dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan. 

Mengelola sakit kronis

Mindfulness dapat membantu mengatasi kondisi muskuloskeletal dan nyeri kronis. Jika kamu melakukannya secara teratur, maka dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, kesehatan mental, dan suasana hati. 

Jika Anda mengalami pikiran-pikiran yang menimbulkan ketidaknyamanan atau kegelisahan, mungkin ini saatnya mulai melatih mindfulness untuk mendukung kesadaran, yang dapat mengurangi tingkat stres secara signifikan. 

Populer video

Berita lainnya