Kenali Tanda Anda Berada dalam Lingkungan Pertemanan yang Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pertemanan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – persahabatan yang sehat bisa menjadi sumber kebahagiaan, kasih sayang, dan dukungan yang luar biasa. Hanya saja, tidak semua lingkaran pertemanan bisa membawa manfaat tersebut. Beberapa lingkaran pertemanan justru bisa membawa dampak yang buruk, seperti memicu stres berlebih.

Itu sebabnya perlu mengetahui tanda-tanda lingkaran pertemanan yang sehat, sehingga Anda tidak terjebak dalam pertemanan yang toxic. Melansir laman Alodokter, berikut ini tanda-tanda Anda berada dalam lingkungan pertemanan yang sehat.

Tidak ragu untuk berbagi

Meski berada dalam lingkaran pertemanan, tetapi setiap orang bisa sajamemiliki nilai, keyakinan, tujuan, maupun gaya hidup yang berbeda-beda. Bila teman-teman Anda bisa mengerti, menerima, dan menghormati perbedaan tersebut, ini tanda pertama Anda berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat.

Hal tersebut biasanya tercermin dari tidak adanya perasaan ragu atau takut untuk berbagi mengenai semua hal dengan temanmu, baik hal yang kecil, besar, baik, maupun buruk.

Mendukung kesuksesan

Lihat reaksi teman ketika Anda berhasil mencapai suatu hal dalam hidupmu. Misalnya, mendapat beasiswa maupun menikah. Bila teman Anda ikut merayakan dan dengan tulus memberi selamat, ini artinya Ansa berada dalam lingkup pertemanan yang sehat.

Sebaliknya, jika Ansa justru merasa temanmu tidak suka atau cemburu akan pencapaianmu, hati-hati ya, karena ini merupakan salah satu tanda teman toxic.

Nyaman menjadi diri sendiri

Apabila Anda merasa nyaman untuk menjadi dirimu sendiri saat bersama teman-temanmu. Sebaliknya, bila Anda berada dalam lingkar pertemanan yang tidak sehat, kemungkinan Anda akan menunjukkan kepura-puraan. Ini karena Ansa tidak nyaman untuk menunjukkan kepribadian, minat, dan pendapat secara jujur.

Banyak kenangan indah

Dalam lingkaran pertemanan yang sehat, Anda biasanya memiliki banyak kenangan indah bersama teman. Ini bukan berarti pertemanan yang sehat tidak bisa memiliki masalah, sebab setiap hubungan pasti memiliki masalahnya masing-masing.

Akan tetapi, bila Anda berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat, masalah atau momen buruk akan dengan mudah dikalahkan dengan berbagai kenangan yang lebih indah.

Mendukung lingkaran pertemananmu yang lain

Anda pasti memiliki lebih dari satu lingkaran pertemanan, mulai dari teman sekolah, teman kerja, hingga mungkin kelompok pertemanan lainnya.

Jika berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat, teman-temanmu seharusnya tidak akan membatasi untuk berteman dengan kelompok lain, selama kelompok itu tidak merugikanmu atau orang lain. Lingkaran pertemanan yang sehat justru akan mendukung hubunganmu dengan teman-temanmu yang lain.

Populer video

Berita lainnya