Mengenal Cara Membaca Bahasa Tubuh Seseorang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Gesture Tubuh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ekspresi wajah, gestur, dan postur adalah bagian dari bahasa tubuh untuk berkomunikasi secara non-verbal. Menurut para ahli, semua itu ditunjukkan secara refleks atau tanpa sadar ketika seseorang sedang menyampaikan sesuatu. Dengan membaca bahasa tubuh, Anda bisa menebak apakah seseorang berkata jujur atau tidak. Anda pun juga bisa memahami situasi dengan lebih baik.

Karenanya bahasa tubuh dianggap lebih kaya makna dan arti dibanding bahasa verbal yang hanya berupa kata-kata saja. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan bila ingin membaca bahasa tubuh orang lain.

Memerhatikan ekspresi wajahnya

Anda bisa mengetahui perasaan seseorang hanya dengan melihat ekspresinya. Seseorang bisa saja tidak berkata benar atau berbohong Namun, ekspresi bisa menunjukkan situasi sebenarnya.

Sebuah penelitian dari jurnal Frontiers in Human Neuroscience menunjukkan bahwa ekspresi wajah mampu memperlihatkan kredibilitas, keramahan, dan kecerdasan seseorang. Contoh ekspresi yang ditunjukkan seseorang seperti sedih, bahagia, takut, dan lain sebagainya.

Perhatikan gerakan matanya

Memerhatikan gerakan mata berikut bisa menjadi cara membaca bahasa tubuh orang lain.

  • Orang yang menjaga kontak mata saat bercakap dengan Anda berarti ia tertarik pada topik yang dibicarakan.
  • Namun, bila kontak mata yang dilakukan cukup lama dan tajam, bisa jadi ia sedang memberikan ancaman.
  • Sering mengalihkan pandangan menunjukkan bahwa orang tersebut merasa terganggu, tidak nyaman, atau mencoba untuk menyembunyikan sesuatu.
  • Orang yang berkedip lebih cepat berarti sedang merasa tertekan, tidak nyaman, atau sedang berbohong.
  • Bagian yang lebih gelap di tengah mata (pupil) membesar menandakan orang tersebut tertarik atau terangsang pada objek yang dilihatnya.
  • Mata terbelalak menunjukan orang tersebut terkejut atau takut.
  • Mata agak memicing menunjukkan orang tersebut sedang menyelidiki sesuatu.

Berdasarkan gerakan bibirnya

Senyum tidak selalu menandakan rasa senang atau bahagia. Ternyata ada banyak emosi dan arti yang ada di balik senyuman. Misalnya sebagai berikut ini;

  • Menggigit bibir menunjukkan perasaan khawatir, cemas, takut, tidak aman, dan tertekan.
  • Mengatupkan bibir pertanda ketidaksetujuan, ketidakpercayaan, atau ketidaksukaan.
  • Ujung bibir turun ke bawah menunjukkan ketidaksetujuan atau kesedihan.
  • Ujung bibir yang turun juga bisa menandakan sikap meremehkan, menghina, atau merendahkan orang lain.

Lihat gerak-geriknya

Gerak-gerik atau gestur merupakan bahasa tubuh yang paling jelas dimengerti. Namun cara membaca bahasa tubuh berdasarkan gestur tidak sama maknanya di semua negara. Misalnya acungan jempol. Gestur ini bisa diartikan sebagai apresiasi kepada seseorang, tapi juga memiliki arti lain yaitu terserah bila di negara lain.

Perhatikan posisi tangan dan kakinya

Seseorang yang menyilangkan tangan bermaksud untuk mempertahankan diri atau melindungi diri. Melipat tangan di dada menunjukkan sikap berkuasa, bosan, atau marah. Sementara itu, menyilangkan kaki ditunjukkan ketika seseorang membutuhkan privasi.

Perhatikan postur tubuhnya

Seseorang yang memiliki posisi duduk tegak menunjukkan bahwa ia orang yang fokus dan memperhatikan hal yang sedang dilakukannya. Sementara orang yang duduk dengan tubuh membungkuk ke depan atau ke sisi lain, mengisyaratkan kebosanan dan ketidakpedulian.

Adapun Orang yang memiliki postur tubuh terbuka dan tegap biasanya memiliki sifat yang terbuka dan ramah. Sebaliknya, orang yang memiliki postur tubuh membungkuk menunjukkan perasaan tidak semangat, ragu, atau cemas.

Populer video

Berita lainnya