Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Membandel di Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi komedo
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komedo merupakan masalah kulit yang kerap sulit disingkirkan. Jika dibiarkan begitu saja, jenis jerawat ringan ini dapat mengalami peradangan. Maka dari itu, penting mengetahui cara menghilangkan komedo demi mencegah terbentuknya jerawat.

Untuk menghilangkannya, banyak orang yang mengandalkan cara alami sebagai pengobatan rumahan. Pasalnya, bahan alami untuk menghilangkan komedo lebih mudah didapat dan lebih terjangkau.

Namun, cara tersebut belum tentu efektif dan cocok dilakukan semua orang. Anda perlu melakukannya dengan hati-hati agar terhindar dari risiko efek samping. Melansir laman klikdokter, berikut cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa dicoba.

Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil sudah sejak lama digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo dan jerawat membandel. Hal ini karena tea tree oil mengandung senyawa antimikroba sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes.

Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat ringan ini berasal dari kandungan antibakteri dan antiradang yang mampu mencegah atau mengurangi keparahan jerawat. Lidah buaya juga merupakan pelembap alami sehingga mampu melembapkan kulit.

Penelitian pada Journal of Dermatological Treatment melibatkan peserta dengan jerawat ringan hingga taraf sedang menggunakan gel lidah buaya dan tretinoin topikal selama 8 minggu berturut-turut.

Madu

Madu bisa menjadi pilihan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Kaya akan antioksidan sehingga madu dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Tak hanya itu, manfaat madu juga berasal dari kandungan antibakteri di dalamnya.

Anda bisa mengoleskan sedikit madu pada area kulit sebagai masker untuk menghilangkan komedo menggunakan jari atau kapas bersih.

Lemon

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami bisa pula menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang dapat melembapkan kulit. Efek melembapkan inilah yang disinyalir dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori di kulit.

Teh hijau

Tahukah Anda jika manfaat teh hijau dapat dijadikan pilihan cara alami menghilangkan komedo? Ya, teh hijau tinggi akan antioksidan polifenol bernama katekin. Umumnya, orang mengalami produksi sebum atau minyak alami berlebih pada pori-pori kulit cenderung tidak memiliki cukup antioksidan pada kulitnya.

Minyak jojoba

Minyak jojoba dapat mengurangi peradangan pada kulit, termasuk pembengkakan dan kemerahan akibat komedo dan jerawat. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak jojoba dengan gel atau krim pada area kulit yang terdapat komedo, atau langsung mengoleskannya ke kulit menggunakan kapas.

Garam laut

Garam dipercaya dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan menyeimbangkan produksi minyak. Selain itu, garam juga dapat menyingkirkan bakteri yang memicu timbulnya masalah kulit wajah, seperti komedo atau jerawat.

Populer video

Berita lainnya