Perut tidak Nyaman Lantaran Mabuk Durian? Begini Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Durian
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin tak semua orang menyukai durian. Tapi bagi mereka yang menyukainya, buah dengan permukaan kulit berduri ini sangat enak. Bahkan saking enaknya, ada yang mengalami mabuk durian lantaran terlalu banyak mengonsumsinya. Jika sudah begitu, biasanya mengalami ketidaknyamanan perut, buang gas terus-menerus, diare, muntah, atau bahkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Nah, ada beberapa kondisi tertentu di mana seseorang tidak disarankan mengonsumsi durian. Ini termasuk bagi ibu hamil dan yang sedang menyusui. Sebab, kandungan gas pada durian diyakini dapat memengaruhi kehamilan dan juga produksi air susu. Selain itu, penderita diabetes juga disarankan tidak mengonsumsinya, karena disinyalir dapat memperburuk kesehatannya.

Mengatasi Mabuk Durian

Bila Anda dalam keadaan kesehatan normal dan mengalami mabuk durian, ada beberapa tips untuk mengatasinya. Melansir dari laman halodoc, berikut ini beberapa cara sederhana untuk mengatasi gejala mabuk durian.

  • Cara tradisional memercayai mengonsumsi air yang dituangkan di cekungan kulit dalam durian dapat meredakan gejala mabuk dan mengurangi sensasi mual.
  • Mengonsumsi buah manggis juga dipercaya dapat mengurangi gejala mabuk durian yang sangat tidak mengenakkan.
  • Minum air putih hangat yang ditambahkan sesendok garam juga dapat membantu mengurangi sensasi mabuk durian.
  • Mengonsumsi susu juga bisa jadi salah satu pilihan untuk menetralkan kandungan gas pada durian.
  • Air kelapa dikenal karena konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya, sehingga sangat baik untuk keadaan dehidrasi termasuk juga keracunan. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang melimpah, demikian juga potasium.
  • Dua kandungan ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Plus kalium dan natrium pada air kelapa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.
  • Mengonsumsi parasetamol juga dapat mengurangi mabuk durian, apalagi kalau mabuknya diiringi sakit kepala.

Di balik bahaya mabuk durian, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari buah ini. Dengan catatan, Anda mengonsumsinya dengan benar. Ternyata, terdapat 11,6 miligram vitamin C pada dua biji durian ukuran sedang. Vitamin C memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi pigmentasi dan kerutan.

Faktor-faktor lingkungan, seperti paparan asap rokok dan sinar ultraviolet dari matahari menyebabkan kerusakan radikal bebas pada kulit. Mengonsumsi durian dapat membantu kamu memerangi radikal bebas.

Populer video

Berita lainnya