Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Brokoli
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Imunitas tubuh sangat penting untuk kesehatan. Dengan begitu, tubuh memiliki sistem untuk melawan kuman penyakit yang masuk. Nah, salah satu cara mendapatkan sistem imunitas tubuh yang baik melalui makanan. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Teh hijau

Mengandung antioksidan polifenol menjadikan teh hijau baik untuk meningkatkan imunitas. Sebuah studi menemukan bahwa katekin, senyawa dari polifenol, dapat mematikan virus penyebab influenza.

Brokoli

Brokoli mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan E. Di dalamnya juga terdapat kandungan antioksidan dan serat. Itu sebabnya brokoli disebut-sebut sebagai salah satu jenis sayuran paling sehat. Guna mendapatkan manfaat yang optimal dari brokoli, sebaiknya dimasak sebentar saja.

Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri yang baik untuk tubuh yang disebut probiotik. Selain menjaga sistem imunitas, konsumsi yoghurt secara berkala dapat memperlancar sistem pencernaan. Pilihlah yoghurt jenis plain ketimbang yang diberi pemanis. Jika anda tidak menyukai rasa asam pada yoghurt, tambahkan buah-buahan sehingga lebih manis dan menyehatkan.

Bawang putih

Selain menjadi penyedap masakan, bumbu dapur yang satu ini memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Salah satunya dapat membantu melawan infeksi, berkat komponennya yang bernama alisin.

Pepaya

Buah yang satu ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Bahkan, satu buah pepaya mengandung lebih dari dua kali lipat kebutuhan vitamin C harian. Di samping itu, pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang dinamakan papain, yang memiliki sifat antiradang.

Populer video

Berita lainnya