Tips Mengatasi Ketulangan, Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Atasi Ketulangan
Foto: Istimewa

Celebritihink.com – Mungkin anda pernah mengalami pengalaman kurang mengenakkan ketika sedang asyik makan ikan. Tiba-tiba duri ikan menyangkut di tenggorokan atau yang lumrah disebut dengan istilah ketulangan.

Ya, ketulangan memang tidak enak. Sebab, kondisi ini membuat tenggorokan anda sakit saat menelan makanan. Bahkan jika tidak segera diatasi akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Lantas apa yang harus dilakukan? Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini cara yang bisa anda lakuka ketika mengalami ketulangan.

Jangan menggunakan tangan

Jangan sekali-kali mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan. Sebab hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan. Terlebih lagi jika anda tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda.

Batuk

Hal pertama yang bisa anda coba adalah batuk. Dalam beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam tenggorokan.

Minum air garam

Ketika mengalami ketulangan, anda juga bisa langsung mengambil segelas air hangat yang dicampur dengan sejumput garam. Lalulah minum air campuran garam tersebut. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

Telan sekepal nasi

Anda juga bisa menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Ingat, jangan terlalu besar karena Anda berisiko tersedak. Jangan lupa siapkan segelas air agar membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

Menelan marshmallow

Selain nasi, anda juga bisa menelan marshmallow sebagai bantuan. Isi mulut anda dengan beberapa marshmallow. Lalu kunyahlah kemudian telan. Marshmallow memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur berubah menjadi lengket. Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan.

Minum minyak zaitun

Hal lain yang dapat anda coba untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan minum minyak zaitun. Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah. Minyak zaitun memungkinkan memberikan pelumasan dalam kerongkongan sehingga membuat duri melunak dan terlepas.

Makan pisang

Sama seperti makan nasi, anda bisa mengonsumsi beberapa pisang yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sedang, dan mengemutnya di dalam mulut. Pastikan anda tidak mengunyah! Setelah cukup lembab, perlahan-lahan telanlah pisang tersebut. Agar menghindari tersendak, setelah menelan pisang segera minum segelas air.

Konsultasi ke dokter

Jika beberaca cara di atas tak kunjung berhasil, anda harus segera konsultasi ke dokter THT.
Terlebih jika ketulangan yang Anda alami menimbulkan beragam keluhan, seperti rasa sakit yang tidak kunjung sembuh ataupun pembengkakan di daerah tenggorokan. Biasanya dokter akan melakukan X-ray dan menyuruh Anda menelan cairan berbasis barium.

Populer video

Berita lainnya